Warga Gelumpang Payong Adakan Gotong Royong Bersih-bersih

-2 Dilihat
Foto: Istimewa

ABDYA, SIGUPAINEWS.com– Untuk mewujudkan kebersihan Gampong, warga Desa Gelumpang Payong Kecamatan Blangpidie, Aceh Barat Daya, acara bersih-bersih tersebut juga di ikutin beberapa Perangkat Desa yang bergotong royong membersihkan selokan air pembuanga pada Sabtu (16/10/2021) dimulai sekitar pukul 09.00 Wib hingga selesai.

Program pembersihan lingkungan tersebut merupakan program Desa, Padat Karya Tunai Desa (PKTD) sesuai peraturan bupati Abdya dari turunan program Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi untuk peningkatan ekonomi masyarakat gampong.

Dengan semangat gotong royong Kaum Ibu – ibu yang saling bahu membahu bersama warga lainya membersihkan selokan guna memperlancar jalannya air yang tersumbat karena tejadinya pendangkalan  berserta sampah – sampah lain.

Baca juga

Disamping membersihkan selokan air Pemdes Gelumpang Payong melalui Sekdesnya M. Nazir Syahputra. juga menyampaikan kepada SIGUPAINEWS.com Program pembersihan lingkungan ini merupakan sebuah program padat karya desa, berguna untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.

Meskipun program pembersihan Desa tersebut mendapatkan upah dari dana desa. Namun Nazir berharap, kegiatan pembersihan selokan pembuangan air di sekitar tempat tinggal masyarakatnya merupakan sebuah keharusan meski tidak diberikan Hak Ongkos Kerja setiap saatnya.

“Meski kegiatan ini didanai oleh pemerintah, bukan berarti kita masyarakat selalu mengharapkan upah baru turun untuk melakukan pembersihan selokan air pembuang rumah tangga yang di tempat tinggal kita sendiri,” imbuhnya.

Diharapkan masyarakat peduli terhadap lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan rajin untuk membersihkan lingkungannya karena di saat musim penghujan sangat rentan dengan perkembangan nyamuk demam berdarah.

“Dengan dibersihkannya saluran air dari rerumputan dan sampah diharapkan tidak ada lagi menghambat aliran air yang mengalir,” Pungkas Nazir. (FM)

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?