Abdya Berprestasi dalam Proklim, Pj Bupati Darmansah Terima Penghargaan dari Menteri KLHK

-10 Dilihat
Pj Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), H Darmansah S.Pd MM menerima penghargaan dan apresiasi pembinaan Program Kampung Iklim (Proklim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di auditorium DR. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti KLHK Jl. Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (24/10/2023). Foto Ist

SIGUPAINEWS.COM|ABDYA – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), H Darmansah S.Pd MM, mendapat penghargaan dan apresiasi atas kinerjanya dalam membina Program Kampung Iklim (Proklim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Penghargaan tersebut disampaikan langsung oleh Menteri LHK, Siti Nurbaya, kepada Pj Bupati Abdya Darmansah di auditorium DR. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti KLHK Jl. Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (24/10/2023).

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Abdya didampingi oleh Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim-LH) Abdya, Rahwadi ST, Pengusul Proklim Abdya, Dewi Marlina SP MP, dan Keuchik Gampong Padang, Kecamatan Manggeng, Mutalimin.

Baca juga

Menurut informasi yang diperoleh, KLHK memberikan penghargaan dan apresiasi kepada Pj Bupati Abdya, H Darmansah, karena dianggap memiliki komitmen yang kuat dan peran yang aktif dalam membina dan menguatkan Proklim di wilayahnya sejak 2022 lalu.

Setelah menerima penghargaan pertama selama menjabat sebagai Pj Bupati Abdya, H Darmansah segera meminta Dinas Perkim dan LH untuk memetakan desa-desa yang berpotensi untuk diusulkan menjadi Gampong ProKlim pada tahun 2023.

“Penghargaan ini adalah prestasi bagi seluruh masyarakat Abdya, yang telah menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan rumah dan pengurangan sampah plastik dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Pj Bupati Darmansah.

Ia juga menjelaskan, proklim merupakan program nasional dari KLHK yang diterapkan di seluruh kabupaten/kota di Indonesia, dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat untuk melakukan adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan mitigasi emisi gas rumah kaca.

Pj Bupati Darmansah mengatakan, perubahan iklim telah menjadi isu global yang mendapat perhatian banyak pihak. Oleh karena itu, peran pemerintah daerah sangat penting terutama dalam memberikan edukasi tentang perubahan iklim kepada masyarakat.

“Saya mengajak seluruh masyarakat Abdya untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Hal ini harus dimulai dari diri kita sendiri, salah satunya dengan mengurangi penggunaan plastik dan memanfaatkan pekarangan dengan menanam pohon,” tutur Darmansah.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Abdya, Venny Kurnia, memberikan apresiasi kepada Pj Bupati Abdya dan Pemerintahan Gampong Padang, Kecamatan Manggeng, yang telah mendapatkan Penghargaan ProKlim Lestari dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Terima kasih kepada Pj Bupati Abdya, H Darmansah dan semua pihak yang terlibat atas kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlasnya dalam mewujudkan Proklim di Abdya. Saya sangat bangga dan mengapresiasi prestasi ini,” kata Venny Kurnia, Minggu (22/10)

Venny berharap, penghargaan untuk Program Kampung Iklim (Proklim) ini dapat menjadi motivasi bagi desa-desa lain di Abdya dan kabupaten/kota lain di Provinsi Aceh yang belum mendapatkan penghargaan serupa untuk dapat mengikuti jejak dan berusaha mendapatkan penghargaan yang sama pada tahun-tahun mendatang.

“Selain kepada Pj Bupati Abdya, saya juga mengucapkan terima kasih kepada Keuchik Gampong Padang, Kecamatan Manggeng, Kepala Dinas Perkim-LH Abdya dan pihak-pihak lainnya yang telah mendukung Proklim di Abdya,” ungkap Venny.(*)

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?