Air Tebu Banyak Diminati Saat Bulan Ramadhan

-1027 Dilihat
Jualan Air Tebu
Jualan Air Tebu

SIGUPAINEWS.COM|ABDYA – Bulan Suci Ramadhan bulan membawa berkah bagi pedagang makanan hingga minuman, banyak pedagang takjil dan menu buka puasa lain nya dan dapat menghasilkan keuntungan mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah perhari, termasuk pedagang air tebu.

Di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) memang cukup banyak pedagang minuman Air tebu musiman, dan bisa di bilang air tebu menjadi salah satu minuman favorit bagi sebagian masyarakat untuk berbuka puasa. Buktinya, para pedagang mengakui permintaan tebu makin meningkat.

“Alhamdulillah permintaan tebu meningkat dibandingkan ramdhan tahun lalu, meski para penjual air tebu semakin rame di bulan Ramadhan tahun ini. Kalau bulan Ramadhan seperti ini 100 batang bisa dihabiskan sekitar tiga hari saja,” kata Novi salah seorang pedagang Air Tebu di jalan Irian saat ditemui SIGUPAINEWS.COM Rabu (5/4/2023).

Baca juga

Novi juga juga menyebutkan kalau untuk harga tebu seharga Rp5.000/botol, kalau air kelapa dijual dengan harga 6000/buah, kalau pakai sirup menjadi Rp 8000/buah, dan kalau pakai susu dan sirup menjadi 10.000/buah.

“Harga tebu per batang yang kami ambil pada petani tebu seharga Rp7.000/batang, jenis tebu yang kami ambil ini jenis tebu gadeng, dan langsung di antar ketempat tanpa melalui agen. Sedangkan Ramadhan tahun lalu masih harga Rp6000/batang. Untuk tahun ini sudah mengalami kenaikan sekitar 1000 rupiah,” ucapnya.

Selai itu Salah seorang pembeli air tebu, Mufti juga mengatakan air tebu tidak hanya melegakan kerongkongan, tapi air tebu juga mempunyai berbagai khasiat untuk kesehatan. kandungan air tebu terdiri atas vitamin hingga mineral yang memberikan manfaat bagi tubuh.

“Disaat bulan Ramadhan air tebu seakan menjadi kebutuhan, selain praktis harganya, air tebu juga sangat terjangkau hanya Rp 5 ribu perbotol,” sebut Mufti

Menurut Mufti, air tebu memang menjadi salah satu menu berbuka favorit pada bulan suci Ramadhan. Selain dapat menyegarkan tubuh, air tebu juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

“Selain untuk kesegaran setelah berpuasa seharian, air tebu juga sangat bermanfaat untuk kesehatan,” kata Mufti.

Untuk diketahui, dalam 100 ml air tebu terkandung sekitar 80 kalori dan beragam nutrisi, seperti karbohidrat, gula (sukrosa dan fruktosa), protein, kalsium, kalium, magnesium, zat besi. Tak hanya itu, air tebu juga mengandung natrium, zinc, mangan, serta antioksidan seperti polifenol, flavonoid dan karotenoid.

Manfaat air tebu murni memang jauh lebih baik ketimbang gula yang sudah dikemas. Air tebu mengandung gula alami dan tidak memiliki lemak. Rajin mengonsumsi minuman tersebut secara rutin bisa membantu mengurangi berat badan tubuh.

Air tebu murni juga bermanfaat membantu meningkatkan metabolisme tubuh serta memenuhi kebutuhan energi. Selain itu, nutrisi dalam minuman ini juga berkhasiat bagi kecantikan.

Dengan manfaat itu, maka tak heran jika air tebu selalu menjadi minuman favorit saat buka puasa di Bulan suci Ramadan, khususnya bagi warga Aceh.

Maka dari itu sangat dianjurkan minum air tebu secara rutin dan teratur yaitu satu gelas per hari. Jika dikonsumsi secara rutin dan teratur, air tebu akan mampu membantu menjaga kesehatan tubuh, terutama saat berpuasa.(*)

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?