Baitul Mal Abdya Motivasi Anak-Anak Menghafal Al-Qur’an dengan Beasiswa Tahfidz

-83 Dilihat

SIGUPAINEWS.COM|BANDA ACEH – Baitul Mal Kabupaten (BMK) Aceh Barat Daya (Abdya) memberikan beasiswa tahfidz Al-Qur’an kepada 100 hafidz-hafidzah yang berasal dari kabupaten tersebut. Beasiswa ini berupa uang pembinaan yang diberikan sesuai dengan jumlah juz yang dihafal oleh para penerima.

Para calon penerima beasiswa harus mengikuti seleksi tes hafalan Al-Qur’an yang dilaksanakan di dua tempat, yaitu Masjid Agung Baitul Ghafur Blangpidie pada 20 – 21 September 2023 dan Anjungan Abdya Komplek PKA Taman Ratu Safiatuddin Lampriet, Banda Aceh pada 25 – 26 September 2023.

Salman Syarif, salah satu komisioner Baitul Mal Abdya, mengatakan bahwa ada 117 orang santri dan pelajar yang mendaftar untuk mendapatkan beasiswa tahfidz tahun ini. Namun, hanya 112 orang yang lolos administrasi dan mengikuti tes hafalan.

Baca juga

“Tes hafalan dilakukan oleh dua orang penguji, yaitu Ust. Taufik Hidayat Lc dan Tgk Nyak Umar. Mereka menilai kelancaran dan tajwid hafalan para peserta. Hasil tes hafalan akan diumumkan pada 29 September melalui Instagram dan website Baitul Mal Abdya,” Sebut Salman pada SIGUPAINEWS.COM. Selasa (26/9/2023).

Ketua Baitul Mal Abdya Zulbaili menyampaikan bahwa beasiswa tahfidz ini bertujuan untuk memotivasi anak-anak Abdya agar gemar menghafal Al-Qur’an sebagai salah satu upaya penguatan syariat Islam di Bumi Breuh Sigupai.

“Kami berharap beasiswa tahfidz ini dapat menjaga dan mengembangkan budaya hafalan Al-Qur’an di masyarakat, sehingga kitab suci umat Islam ini terpelihara dalam ingatan generasi penerus kita,” katanya.

Zulbaili menambahkan bahwa program beasiswa tahfidz ini rutin dilakukan setiap tahun oleh Baitul Mal Abdya. Ia berharap ke depan program ini dapat terus berjalan dan jumlah penerima beasiswa dapat ditambah.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung program ini. Kami juga mohon saran dan masukan dari masyarakat agar kami dapat meningkatkan kinerja kami dalam mengelola dana zakat, infaq, dan shadaqah di kabupaten Abdya,” tutupnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan tes hafalan rangkaian seleksi beasiswa tahfidz Baitul Mal Abdya di Banda Aceh berjalan dengan sukses atas kerjasama yang baik dengan Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Abdya (Hipelmabdya) Banda Aceh. (*)

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?