Bawaslu Gelar Rakor Pemutakhiran dan Penyusunan Data Bersama PKD

-1 Dilihat

SIGUPAINEWS.COM|ABDYA – Panitia pengawasan pemilihan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar rapat koordinasi pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih bersama Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) kabupaten setempat.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Arena Motel, dan hadir sebagai pemateri Dr Masrizal, S. Sos. I. MA. Dosen FISIP Universitas Syiah Kuala (USK).

Pada kegiatan tersebut Dr. Masrizal menyampaikan sejumlah langkah penting yang wajib di ingat oleh petugas PKD dalam menjalankan tugas pengawasan.

Baca juga

“mereka wajib memiliki kesadaran yang bahwa dirinya adalah petugas¬† pengawasan, kemudian dalam mempraktekkan hal itu, petugas PKD wajib membangun koordinasi yang baik antara pengawas Desa, Kecamatan dan Kabupaten kota” tegasnya.

Lebih lanjut, terkait persoalan yang mungkin bisa saja di hadapi para petugas PKD ke depan, pihaknya berharap kepada petugas PKD untuk memahami regulasi regulasi yang berhubungan dengan pemutakhiran data.

“Ini bisa jadi momentum bagi petugas PKD memperkuat diri, meningkatkan cafacity building nya untuk menjawab persoalan” katanya.

Selebihnya Diharapkan, petugas pengawasan PKD ditingkat desa untuk dapat menjalankan perannya sebaik mungkin.

“PKD ditingkat Desa harus mampu menciptakan politik yang jurdil, pemilih yang jurdil, demi melahirkan pemilu yang baik” pungkasnya.

Rismanidar, S. Pd.I.,MA, selaku Komisioner Bawaslu setempat menambahkan, Tujuan rapat tersebut, untuk memberikan pemahaman kepada petugas pengawasan di tingkat Desa terkait pemutakhiran data yang dianggap sangat pentin dilakukan.

Bicara masalah data, katanya lagi, Tentu menjadi¬† wacana yang sangat panjang untuk dibahas. “Kita gak boleh main main karena ini menyangkut hak masyarakat, harus benar benar difahami dengan serius” katanya.

Selainitu, Ia Menegaskan kepada PKD selaku pengawas di tingkat desa untuk benar benar memahami tugas dan fungsinya sebagai petugas pengawasan, “mereka harus independen, memiliki kapasitas, loyalitas dan beritegritas” singkatnya.

Informasi yang diperoleh media ini melalui Usman Ali, salah satu keamanan di bawaslu Abdya menjelaskan, Rapat kordinasi tersebut rencananya akan dilakukan selama 2 hari dan di ikuti oleh seluruh petugas PKD se Kabupaten setempat.(*)