BKPSDM Abdya adakan kegiatan sosialisasi aplikasi SIKAYA

-82 Dilihat

SIGUPAINEWS.COM|ABDYA – Kegiatan Sosialisasi Aplikasi Pengelolaan Sistem Informasi Kepegawaian Kabupaten Aceh Barat Daya (SIKAYA) yang dilakukan oleh Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) kabupaten setempat, bertujuan untuk memenuhi database seluruh pegawai yang ada di Abdya termasuk non ASN.

Kegiatan tersebut juga ikut dihadiri oleh Sekda Abdya Salman Alfarisi, ST, Sekretaris BKPSDM Saiful Junaidi, S.Si, Kadis Kominsa Ubairizal, ST, Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi BKPSDM Dwi Srikurniarsi, SKM, M.Kes, Kabid Pengembangan Kompetensi Penilaian Kinerja dan Penghargaan Yatul Hidayat, S.TP, M.Si, Para Kasubbag Umum dan Kepegawaian dalam SKPK, kegiatan itu berlangsung di Aula Kantor BKPSDM, Jalan Bukit Hijau, Desa Keude Paya, Kecamatan Blangpidie, Selasa (12/9/2023).

Dalam kesempatan itu Sekda Abdya Salman Alfarisi menyampaikan atas nama Pemerintah Abdya menyambut baik atas terlaksananya kegiatan sosialisasi aplikasi SIKAYA pada hari itu. Ia berharap melalui kegiatan sosialisasi ini nantinya dapat meningkatkan pemahaman bersama tentang apa itu SIKAYA, bagaimana penggunaannya dan apa manfaat dari penerapan aplikasi SIKAYA pada Pemerintahan Kabupaten Aceh Barat Daya.

Baca juga

“SIKAYA adalah sistem yang mampu berkembang secara luas dan kompleks serta mampu memberikan informasi kepegawaian yang diperlukan oleh pimpinan atau pengambilan keputusan, dalam kaitannya untuk peningkatan kualitas pegawai. Pengelolaan kepegawaian yang bersifat manajerial maupun teknis administratif selalu berhubungan dengan data, baik dalam bentuk data yang tercetak maupun dalam bentuk data elektronik. Kegiatan administrasi kepegawaian akan berpengaruh pada keadaan data perorangan pegawai maupun keseluruhan,” paparnya.

Kemudian Sekda Abdya Salman Alfarisi juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada BKPSDM Abdya yang telah membuat sistem pengelolaan informasi kepegawaian yang berbasis elektronik ini. Sebelumnya ada juga yang namanya Sistem Informasi Layanan Kepegawaian Tanpa Berkas (Sitankas) yang nantinya akan terintegrasi dengan sistem pengelolaan SIKAYA ini.

“Harapan kami nantinya dengan hadirnya SIKAYA ini mampu mempermudah para Kasumpeg dalam bekerja dan tentunya juga nanti benar-benar harus menunjang kinerja para ASN dalam lingkup Pemkab Abdya untuk menciptakan kinerja yang semakin baik,” harapnya.

Oleh karena itu, Sekda berujar dengan adanya SIKAYA ini dapat dilakukan penghimpunan data kepegawaian setiap Pegawai Negeri Sipil (PNS) Dan Juga Non ASN dalam bentuk Profil Pegawai, merekam tiap perubahan yang terjadi, serta menyimpannya dalam satu himpunan data (database).

“Dari database tersebut bisa dijadikan sumber data dalam pelaksanaan administrasi kepegawaian maupun output yang dapat dijadikan informasi yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan atau pelaksanaan kebijakan di bidang manajemen kepegawaian,” demikian kata Sekda Abdya Salman Alfarisi.(*)

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?