Dandim 0110 Abdya Ajak Masyarakat Abdya Warisi Semangat Pahlawan

-5 Dilihat
Ket Foto : Letkol Inf Roqich Hariadi bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan

SIGUPAINEWS.COM|ABDYA – Upacara peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) berlangsung khidmat dan penuh makna. Upacara yang digelar di halaman kantor Bupati Abdya itu dihadiri oleh berbagai unsur Forkopimda, pejabat Pemkab, dan lainnya. Jum’at (10/11/2023).

Baca juga

Upacara diawali dengan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Dikesempatan itu, Dandim 0110 Abdya, Letkol Inf Roqich Hariadi bertindak sebagai Inspektur Upacara. Selanjutnya Dandim membacakan amanat Menteri Sosial RI Tri Rismaharini yang menekankan pentingnya semangat pahlawan untuk masa depan bangsa dalam memerangi kemiskinan dan kebodohan.

“Hari Pahlawan ke-78 ini diperingati dengan mengusung tema ‘Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan’. Tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata,” kata Dandim.

Dandim melanjutkan, para pahlawan telah mengajarkan kepada bangsa Indonesia untuk tidak pernah menyerah dan rela berkorban demi kemerdekaan. Semangat itulah yang harus terus diwariskan dan diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam upaya memerangi kemiskinan dan kebodohan.

“Bersama-sama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera,” ajak Dandim.

Dari amatan SIGUPAINEWS.COM Usai upacara, forkopimkab berziarah ke makam pahlawan Tengku Peukan yang berlokasi di Kompleks masjid Jamik Baitul Adhim di Blangpidie. Kegiatan ziarah sekaligus tabur bunga di pusara pejuang asal Kecamatan Manggeng, Abdya.

Peringatan Hari Pahlawan di Abdya ini menjadi momentum untuk mengenang jasa para pahlawan dan membangkitkan semangat perjuangan untuk membangun bangsa. Semangat para pahlawan harus terus diwariskan dan diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari, agar Indonesia dapat menjadi negara yang lebih maju dan sejahtera.(*)

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?