Dandim 0110 Abdya Salurkan Bantuan 55 Ribu Benih Ikan di Lama Muda dan Lhok Pawoh

-29 Dilihat

SIGUPAINEWS.COM|ABDYA– Komandan Kodim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi kembali menyalurkan bantuan benih ikan untuk warga pembudidaya ikan paya di Desa Lama Muda Kecamatan Kuala Batee, Kamis (6/4/2023).

Penyaluran benih ikan ini digagas Dandim bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan Aceh, melalui Balai Perikanan Budi Daya Air Payau (BPBAP).

Adapun jumlah bantuan benih yang disalurkan sebanyak 55 ribu ekor, terdiri dari 27 ribu ikan nila dan 28 ribu ikan kakap.

Baca juga

Dandim mengatakan bantuan benih ikan tersebut dialokasikan untuk dua wilayah, masing-masing Desa Lama Muda sebanyak 40 ribu ekor dan sisanya 15 ribu di Desa Lhok Pawoh.

Penyaluran bantuan benih ikan diserahkan langsung kepada masing-masing Kepala Desa (Kades) didampingi para Ketua Kelompok peternak ikan setempat. Hadir Teknisi Instalasi Budidaya Ikan Nila BPBAP, Arfian, Sp.i dan Pengawas Perikanan Pelaksana BPBAP, Silman Arizi Sp.i.

Dandim meminta kepada para kelompok peternak agar tidak cepat memanen ikan yang telah ditebar. Ia menyarankan ikan tersebut terlebih dahulu dikembangbiakkan sehingga bisa menambah populasi benih untuk para peternak lain.

“Ikannya nanti dikembangbiakkan dulu, jangan langsung dipanen atau dijual. Jadi stok benihnya tidak habis dan bahkan bisa dibagi pada yang lain,” tegasnya.

Dandim berharap bantuan benih ikan tersebut dapat bermanfaat untuk peningkatan ekonomi dan pemenuhan gizi masyarakat dalam mencegah stunting. Selain itu juga sebagai upaya membantu Pemerintah dari resiko Inflasi.

Informasi dihimpun, kelompok peternak ikan yang mendapat bantuan benih dari Dandim Abdya di Desa Lama Muda Kuala Batee yaitu Suak Naleng Jaya, Ade Berata, dan Maju Mandiri Abdya. Sementara untuk di Desa Lhok Pawoh Kecamatan Manggeng adalah kelompok peternak ikan Usaha Bersama.(**)

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?