Dengan Program Bereh, Berikut Capaian Pj Bupati Fitriany Farhas Bagun Nagan Raya

-3 Dilihat

SIGUPAINEWS.COM|NAGAN RAYA – Sejak dilantik sebagai Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya pada tanggal 11 Oktober 2022 lalu, Fitriany Farhas, AP, S.Sos., M.Si telah mengukir berbagai perolehan penghargaan, baik di tingkat daerah maupun capaian prestasi tingkat nasional.

“Selama 1 tahun ini, Alhamdulillah angka stunting, kemiskinan ekstrem serta inflasi di Nagan Raya berhasil kita turunkan. Tentunya hal ini tidak terlepas dari sinergi dan kolaborasi berbagai pihak dalam membangun Nagan Raya,” kata Fitriany, Rabu (4/10/2023).

Fokus untuk ke depan menurut Fitriany adalah menyukseskan agenda pemilu tahun 2024 serta melanjutkan pembangunan berbagai sektor di Kabupaten Nagan Raya terutama yang selama ini menjadi aspirasi masyarakat.

Baca juga

Selama ini diketahui, Fitriany juga getol melakukan blusukan secara langsung ke masyarakat, tujuannya untuk mendengar keluh kesah dan menyerap aspirasi warganya untuk dapat dijadikan rujukan Pemkab Nagan Raya dalam membangun daerah.

“Mari bangkit menuju Nagan Raya bereh (beres/berhasil),” ujar Fitriany.

Atas kinerja yang baik dengan terobosan dan program positif yang dilakukan itu, sosok yang bersahaja dan bersahabat dengan masyarakat juga mendapat apresiasi dari berbagai pihak, tidak terkecuali warga Kabupaten Nagan Raya. Bahkan, warga meminta agar Kemendagri RI dapat memperpanjang SK jabatan Fitriany Farhas sebagai Pj Bupati Nagan Raya.

Berikut TIMES Indonesia merangkumkan berbagai program yang telah berhasil dijalankan Fitriany Farhas selama satu tahun sejak menjabat sebagai Pj Bupati Nagan Raya, Provinsi Aceh.

Stunting Menurun

Berdasarkan aplikasi e-Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM) tentang prevalensi stunting, pada tahun 2021 tercatat 17,2 persen, menurun pada tahun 2022 menjadi 10,4 persen dan hingga bulan Agustus 2023 turun lagi menjadi 7 persen.

Kemiskinan Ekstrem Menurun

Berdasarkan data BPS, pada tahun 2021 kemiskinan ekstrem di Nagan Raya mencapai 5,39 persen, kemudian pada tahun 2022 menurun menjadi 3,63 persen, selanjutnya di tahun 2023 diproyeksikan mengalami penurunan menjadi 1,87 persen.

Angka Inflasi Menurun

Tingkat inflasi di Kabupaten Nagan Raya pada bulan Agustus tahun 2021 tercatat 2,23 persen dan naik menjadi 6,86 persen pada bulan yang sama tahun 2022, sementara hingga Agustus 2023 tingkat inflasi turun menjadi 2,17 persen.

Alokasi Dana Desa untuk penangangan Kemiskinan Ektrem, Stunting dan Ketahanan Pangan

Pj. Bupati Fitriany Farhas juga memprioritaskan sebagian dana desa untuk penanggulangan kemiskinan ekstrem, stunting, serta ketahanan pangan sebagaimana diatur dalam Peraturan Bupati Nagan Raya Nomor 8 Tahun 2023 .

Penyaluran Bantuan Sosial Rp 4,79 Miliar

Sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah kepada masyarakat yang kurang mampu, sampai akhir September 2023, Pemerintah Kabupaten Nagan Raya telah menyalurkan bantuan sosial sebesar Rp 4,79 miliar kepada anak yatim, penyandang disabilitas, masyarakat kurang mampu, santri dan mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu.

Modal Usaha untuk Warga Miskin Rp 3,86 Miliar

Sebanyak 527 mustahik atau warga miskin yang tersebar di 9 kecamatan dalam Kabupaten Nagan Raya telah menerima bantuan modal usaha berbasis individu. Jumlah bantuan ini bervariasi, dari Rp 4,5 juta hingga Rp 10 juta tergantung pada kebutuhan dan usaha yang dijalankan. Jumlah keseluruhan dana bantuan yang disalurkan sebesar Rp 3,86 miliar lebih. Dana ini bersumber dari Baitul Mal Aceh.

Dana CSR Meningkat Rp 18,48 Miliar

Menjadi orang nomor wahid di Kabupaten Nagan Raya mengharuskan Fitriany Farhas untuk bekerja keras, termasuk dalam hal menekankan penyaluran CSR tepat sasaran. Tahun 2023 ini, Pemkab Nagan Raya mencatat  realisasi penerimaan CSR meningkat, yaitu mencapai Rp 18,48 miliar bersumber dari 24 perusahaan di Nagan Raya.

Bantuan dari Gubernur Aceh Sebesar Rp 10 Miliar

Dalam kunjungannya ke Nagan Raya, Pj Gubernur Aceh menyerahkan bantuan dana dari Pemerintah Aceh senilai Rp 10 miliar kepada Pj Bupati Fitriany Farhas untuk kelanjutan pembangunan Masjid Giok.

Pembangunan Tower BTS di Beutong Ateuh Banggalang

Setelah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terutama Kemenkominfo Ri, sejak Sabtu (15/7/2023) sore, warga Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang sudah mulai bisa menggunakan layanan internet 4G yang dipancarkan dari Tower Base Transceiver Station (BTS).

Bantuan Bencana dari Kementerian Sosial

Pemkab Nagan Raya di bawah kepemimpinan Fitriany Farhas mendapatkan ribuan paket bantuan dari Kemensos RI yang dikirim oleh Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (Dit PSKBA) Kemensos RI.

Peningkatan Sarana dan Transportasi

Pemkab Nagan Raya memperoleh mobil uji KIR dari Kemenhub RI melalui Balai Pengelola Transportasi Wilayah I Aceh. Selain itu, guna untuk meningkatkan keamanan pengendara, Pemkab Nagan Raya juga memasang Penerangan Jalan Umum (PJU) di ruas jalan yang dipergunakan untuk memberikan penerangan pada jalan di malam hari.

Pembangunan Jalan

Pemerintah pusat membantu dana sebesar Rp 46,7 miliar dana tahun 2023, untuk pembangunan dan pengaspalan jalan lintas Alue  Bata-Kuala Tadu, Nagan Raya yang diperkirakan sepanjang 21,5 kilometer. Tujuan pembangunan tersebut untuk memperlancar mobilitas barang dan hasil perkebunan serta memudahkan akses masyarakat ke pusat pelayanan publik.

Harga Gabah Padi Naik

Harga gabah kering di Kabupaten Nagan Raya mengalami kenaikan jika dibandingkan tahun sebelumnya. Jika biasanya harga habah sekitar Rp 700 ribu hingga Rp 800 per kunca atau setara dengan 180 kilogram, saat ini harga gabah kering menjadi Rp 1.100.000 hingga Rp 1.250.000 per kunca.

Harga TBS Sawit Naik

Selama kepemimpinan Fitriany Farhas sebagai orang orang satu di Kabupaten Nagan Raya, harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit juga normal bahkan terjadi peningkatan. Saat ini, harga tampung TBS sawit berkisar antra Rp 1.980 hingga Rp 2.030 per kilogram.

Antisipasi Pupuk Langka

Pemkab Nagan Raya dinilai berhasil mengantisipasi kelangkaan pupuk bersubsidi pemerintah untuk petani. Saat ini, alokasi subsidi pupuk urea dari pemerintah mencapai sebanyak 2.997 ton, dan pupuk NPK sebanyak 5.692 ton.

Quick Respon Aduan Warga

Pj. Bupati Nagan Raya juga peka terhadap aduan warga. Selain melalui media sosial (Facebook, Instagram dan X), Fitriany Farhas menerima aduan masyarakat melalui aplikasi SP4N LAPOR! dan aplikasi Omni Communication Assistant (OCA).

Program Pro Nelayan

Warga nelayan di Kabupaten Nagan Raya menilai Fitriany Farhas merupakan sosok yang pro terhadap terhadap kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah. Dia memprogramkan pembangunan jeti penahan ombak, kemudian juga mengusulkan kebutuhan nelayan seperti alat tangkap, jaring, fiber, alat stop ikan, juga alat keselamatan jaket pelampung, dan lain sebagainya hingga ke Pemerintah Pusat serta pembangunan SPBN, hal ini agar kebutuhan BBM jenis solar subsidi dari pemerintah bisa terpenuhi dan tercukupi.

Program Pro Petani, Bantuan Alsintan Senilai Rp 2,2 Miliar

Pemkab Nagan Raya memperoleh bantuan sebanyak 19 unit alsintan berupa berupa traktor dan hand traktor senilai Rp 2,2 Miliar dan bantuan benih padi dari Kementerian Pertanian RI sebanyak 105.350 kg yang diserahkan kepada kelompok tani. Selain itu, juga dilaksanakan penanaman jagung hibrida seluas 100 hektare dengan menggunakan bantuan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2023.

Program Ramah Anak

Dalam memaksimalkan program ramah anak Fitriany memiliki cara tersendiri, yaitu dengan mengaktifkan berbagai sarana sebagai tempat edukasi anak selain pendidikan di lingkungan sekolah. Alun-Alun Suka Makmue yang lama tidak dimanfaatkan disulap menjadi arena permainan anak, taman bermain lainnya pun juga diaktifkan, mengunjungi sekolah-sekolah untuk memberikan semangat untuk anak agar giat belajar sehingga menjadi SDM yang bisa diandalkan dalam membangun daerah.

Lapangan Kerja

Untuk menyiapkan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Kabupaten Nagan Raya, Fitriany Farhas juga telah melakukan pemograman kerjasama antara SMK dan perusahaan, hal ini dilakukan dengan penandatangan MoU. Selain bertujuan untuk kesempatan terbukanya lapangan kerja, program tersebut juga bertujuan untuk magang dan kepastian siswa setelah lulus dari sekolah.

Selain itu, Pemkab Nagan Raya juga membuka peluang bagi investor untuk berinvestasi di Nagan Raya, namun dengan tetap melakukan audiensi bersama dengan masyarakat serta membuat pakta integritas untuk membuka peluang warga lokal untuk bekerja.

Batik Reubong Giok Nagan Raya

Fitriany Farhas bersama dengan Kadis Budparpora Nagan Raya Fariky adalah pemegang hak cipta dan pencipta Batik Reubong Giok khas Nagan Raya. Batik ini telah mendapatkan surat pencatatan ciptaan dari Kementerian Hukam dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) sesuai dengan sertifikat Nomor EC00202378890, 8 September 2023.

ASN Lebih Disiplin

Untuk meningkatkan kedisiplinan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kabupaten Nagan Raya, Pemkab Nagan Raya menerapkan absensi wajah, selain itu diwajibkan para ASN untuk mengikuti apel gabungan setiap minggu pertama pada setiap bulannya. Kini, para ASN di Nagan Raya dipantau lebih disiplin dalam bekerja, sehingga pelayanan publik untuk kemajuan dan pembangunan Kabupaten Nagan Raya lebih maksimal.

Peningkatan Layanan Kesehatan

Fitriany Farhas dinilai serius menangani perkara pelayanan kesehatan. Sejak menjabat sebagai Pj Bupati Nagan Raya, Fitriany kerap melakukan berbagai upaya peningkatan layanan kesehatan, bahkan tak jarang melakukan sidak ke Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Iskandar Muda (RSU-SIM) dan Puskesmas.

Wujudkan Lingkungan Bersih dan Asri

Sejak Kabupaten Nagan Raya dipimpin oleh Fitriany Farhas, semua instansi pemerintahan gencar melaksanakan gotong royong untuk membersihkan lingkungan. Tidak hanya di lingkungan perkantoran saja, bahkan sepanjang jalan lingkungan Komplek Perkantoran Suka Makmue terlihat lebih tertata dan bersih, sehingga lingkungan sekitar terkesan alami dan asri.

Peningkatan Mutu Pendidikan

Pendidikan merupakan salah satu langkah untuk mempersiapkaan SDM bangsa supaya bisa bersaing di era globalisasi dan digital, maka Fitriany Farhas juga fokus pada peningkatan mutu pendidikan untuk pelajar dan tenaga kependidikan di Kabupaten Nagan Raya. Seperti mengaktifkan PAUD Narakids, kerja sama dan penandatanganan MoU antara SMK dan perusahaan yang tersebar dalam Kabupaten Nagan Raya serta telah melaksanakan pelatihan digitalisasi pembelajaran untuk tenaga pendidik tingkat SD dan SMP.

Peningkatan UMKM

Kontribusi UMKM dalam meningkatkan perekonomian saat ini menjadi tren tersendiri. Langkah yang dilakukan Fitriany Farhas seperti mengaktifkan Alun-Alun Suka Makmue, UMKM Rameune Nagan Raya Expo, Ramadhan Fair dan kegiatan lainnya. Hal ini dapat memacu dan menambahnya produktivitas para pelaku UMKM untuk terus berkontribusi dalam peningkatan UMKM di Kabupaten Nagan Raya.

Pembentangan Bendera Raksasa

Dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 RI, Fitriany Farhas menggagas pembentangan bendera Merah Putih berukuran ‘raksasa’ di destinasi wisata Bendungan Irigasi Jeuram, Kecamatan Beutong. Selain sebagai bentuk rasa kebahagiaan peringatan hari kemerdekaan, kegiatan itu dilakukan untuk menarik minat wisatawan untuk berkunjung, sehingga dapat meningkatkan taraf perekonomian para pelaku UMKM.

Penghargaan dan Inovasi

– Penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 15 kali berturut-turut dari BPK RI.

– Penghargaan dan Peningkatan Status Predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) dari Pratama ke Madya dari Kementerian PPPA RI.

– Penghargaan Kabupaten/kota Bebas Frambusia dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

– Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Tahun 2023 dari BPJS Kesehatan.

– Anugerah Pesona Indonesia (API) Award kategori souvenir Batu Giok.

– Anugerah Pesona Indonesia (API) Award kategori Budaya Rateb Meseukat.

– Penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2022 dengan Kualifikasi Informatif.

– Penghargaan Predikat Kepatuhan Pelayanan Publik Tahun 2022 dari Ombudsman Republik Indonesia.

– Juara II lomba Inovasi Teknologi Teat Guna (TTG) XXIV tingkat Provinsi Aceh Tahun 2023.

– Penghargaan Anugerah TIMES Indonesia (ATI) 2022 sebagai Women of The Year Provinsi Aceh.

– Penghargaan dari BIMC Media untuk kategori Pj Bupati Terbaik dalam Merespon Aspirasi Masyarakat.

– Inovasi aplikasi E-Sapa untuk Meningkatkan Kedisiplinan Tenaga Kependidikan.

– Inovasi Aplikasi Omni Communication Assistant (OCA) untuk pengaduan masyarakat.

– Inovasi membuka pengaduan melalui platform media sosial Facebook, Instagram, dan X.

– Penerimaan Hak Paten Batik Motif Reubong Giok Nagan Raya.(*)

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?