Desa Ladang Abdya Panen Udang Vaname 3,5 Ton dari Dana Desa

-34 Dilihat
Kete Foto : Keuchik dan perangkat Desa Ladang, Kecamatan Susoh, Abdya melihat udang vaname yang baru di panen.

SIGUPAINEWS.COM|ABDYA – Desa Ladang, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) berhasil memanfaatkan dana ketahanan pangan dari Dana Desa (DD) untuk membudidayakan udang vaname di kolam terpal.

“Budidaya udang vaname ini merupakan program yang diinisiasi oleh Kabag Ops Polres Abdya, AKP Basridar, yang melihat potensi besar di desa kita ini,”  ungkap Keuchik Desa Ladang, Kairizal. (22/10/2023).

Selanjutnya, Keuchik Kairizal menjelaskan, kolam terpal yang digunakan untuk budidaya udang vaname memiliki luas 54×24 meter dan berlokasi sekitar 200 meter dari bibir pantai. Kolam terpal ini dibangun pada tahun 2022 dengan dana desa bidang ketahanan pangan. Pada tahun 2023, proses budidaya udang dimulai dengan melibatkan perangkat desa dan teknisi tambak.

Baca juga

“Setelah empat bulan melakukan budidaya, desa Ladang berhasil memanen udang vaname sebanyak 3,5 ton. Sebagian dari hasil panen dibagikan kepada seluruh masyarakat desa. Setiap keluarga mendapatkan 1 kilogram udang vaname. Sisanya dijual untuk modal budidaya selanjutnya,” tuturnya

Lebih lanjut Keuchik Kairizal, mengatakan bahwa budidaya udang vaname ini sangat bermanfaat bagi masyarakat desa. Selain dapat meningkatkan ketahanan pangan, budidaya ini juga dapat mendorong ekonomi masyarakat. Ia berharap dapat terus mengembangkan budidaya ini dan membeli ternak sapi atau kerbau dari keuntungan yang diperoleh.

“Kami ingin membagikan manfaat dari dana desa ini kepada seluruh masyarakat. Saat hari meugang, kami akan memotong ternak yang kami beli dan membagikan dagingnya kepada warga,” kata Kairizal.(*)

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?