Diguyur Hujan Lebat Puluhan Hektar Persawahan di Babahrot Terendam Banjir

-28 Dilihat
Foto : Rahmat/SIGUPAINEWS.COM

SIGUPAINEWS.COM|ABDYA – Akibat hujan lebat yang mengguyur sejak beberapa waktu terakhir, puluhan hektar lahan persawahan di Desa Rukoen Damee, Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) terendam banjir.

Keuchik Rukoen Damee, Mustafik mengatakan, selain telah menggenangi area persawahan dan perkebunan warga, air juga dikhawatirkan akan merendam beberapa unit bangunan rumah berpenghuni yang berada di desa setempat.

“Sawah yang direndam air lebih kurang sekitar 10 hektar, beberapa unit rumah sudah dimasuki air. Jika hujan terus turun dengan intensitas tinggi seperti ini, dikhawatirkan rumah warga lain sepertinya juga akan terendam,” ujar Mustafik, Kamis (13/7/2023) sore.

Baca juga
Foto : Rahmat/SIGUPAINEWS.COM

Berdasarkan pantauan awak media, sejumlah halaman rumah warga mulai digenangi air, seperti yang terpantau di Dusun Cot Dirui dan Dusun geunang Jaya.

Penyebabnya, tambah dia, drainase atau saluran pembuangan desa telah tersumbat, sehingga tidak mampu menampung debit air hujan yang mengguyur sejak beberapa waktu terakhir dan menyebabkan air meluap ke pemukiman warga.

Foto : Rahmat/SIGUPAINEWS.COM

“Drainase ada, tapi sudah tersumbat. Lagian saluran pembuangan yang ada juga berukuran kecil sehingga tidak mampu menampung debit air,” katanya singkat.

Selanjutnya, Keuchik Rukoen Damee Mustafik berharap agar pihak terkait dapat segera menindaklanjuti perihal itu, agar ke depan jika terjadi hujan lebat maka pemukiman warga tidak dikhawatirkan akan digenangi air. (*)