DPRK Usulkan Paripurna Pengumuman Usulan Pemberhentian Bupati Dan Wakil Bupati Aceh Barat Daya

oleh -1 Dilihat

ABDYA, SIGUPAINEWS.com – Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat Daya (Abdya) usulkan pemberhentian jabatan bupati dan wakil bupati masa jabatan tahun 2017-2022. Pemberhentian jabatan orang nomor satu dan dua di Bumoe Breuh Sigupai itu dalam Paripurna Pengumuman Usulan Pemberhentian Bupati Dan Wakil Bupati Aceh Barat Daya Masa Jabatan Tahun 2017-2022 yang berlangsung di Aula Kantor DPRK setempat, Kamis (14/7/2022).

Wakil Ketua II DPRK Abdya Hendra Fadli sebagai pimpinan sidang mengatakan, pelaksanaan rapat paripurna hari ini sesuai hasil rapat badan musyawarah DPRK Abdya yang dilaksanakan pada hari Senin 27 Juni 2022. tentang penetapan jadwal rapat paripurna DPRK Abdya dengan acara pengumuman usulan pemberhentian bupati dan wakil bupati Abdya jabatan tahun 2017-2022.

“Dimana agenda ini merupakan salah satu syarat untuk pengesahan pemberhentian bupati dan wakil bupati yang tertuang dalam Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 131/2188/ 2022 Tanggal 24 Maret 2022 Tentang Usul Pemberhentian Kepala Daerah Dan Wakil Kepala Daerah yang masa jabatannya berakhir pada tahun 2022.” jelasnya.

Baca juga

Oleh karena itu sambung politisi dari Partai Aceh (PA) itu, pelaksanaan agenda DPRK Abdya hari ini merupakan salah satu tugas dewan yang sama halnya seperti pelaksanaan rapat paripurna dalam rangka pengumuman penetapan calon bupati dan wakil bupati terpilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2017 yang lalu, sesuai dengan ketentuan Pasal 154 ayat (1) huruf E undang- undang Nomor 23 Tahun 2014 Dan Pasal 23 Huruf E Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018, dimana salah satu tugas dan kewenangan DPRK adalah pengangkatan dan pemberhentian bupati dan wakil bupati kepada menteri dalam negeri melalui gubernur sebagai wakil pemerintah pusat untuk mendapatkan pengesahan pengangkatan dan pemberhentiannya.

“Kemudian pada Pasal 78 ayat (2) huruf A Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan daerah yang menjelaskan bahwa kepala daerah dan wakil kepala daerah dapat diberhentikan karena berakhir masa jabatannya. Yang menjadi rujukan utama pelaksanaan rapat paripurna hari ini sesuai dengan ketentuan pada pasal 48 ayat (3) Undang-undang Nomor 11 Tahun 2006 Tentang Pemerintahan Aceh,” tutupnya.

Dalam Sambutan Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT. Menyampaikan Sejati nya kami hadir bersama dengan Bapak Bupati, akan tetapi Karna satu dan Lain hal bapak bupati masih dalam masa cuti, Kami Mengucapkan Terimah kasih Yg sebesar besarnya kepada Semua Unsur Forkopimda yg telah sama sama berkerja demi terwujudnya Abdya yang aman dan sejahtera.

“Juga kepada ketua dan wakil ketua serta anggota DPRK Abdya yg telah membantu Kami selama ini dalam Mewujudkan Visi misi kami, kami berharap kepada masyarakat Abdya dimana Situasi Aman damai selama ini agar terus berlanjut,” ucap Musluzar.

Lanjut Muslizar, Dimasa Akhir jabatanya Abdya genap berusia 20 tahun, ini artinya Abdya sudah remaja, hingga Tahun 2021 angka kemiskinan mencapai 16 % Dan pengangguran 4 %, Muslizar berharap agar kedepan angka ini akan terus menurun. Muslizar juga mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya jika dimasa kepemimpinannya masih banyak kurangan,

“Dimohon buka pintu maaf yg sebesar besarnya, roda terus berputar hari ini kami yg berdiri disini bisa jadi esok bapak atau ibu yang disini, Kami juga titipkan kepada bapak-bapak semua mohon didukung penindakkan yang dilakukan oleh aparat penegak hukum karna di abdya masih banyak nya remaja kita yg terlibat penyalah gunaan Narkoba, serta kenakalan remaja dan seperti seks Bebas,” diakhir Kata sambutan Wabup Abdya Mulizar MT.

Dari pantauan SIGUPAINEWS.com kegiatan itu dihadari oleh, Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT, Dandim 0110 / Abdya, Letkol. Inf. Roqich Haryadi, Kapolres Abdya, AKBP. Dhani Chandra Nugraha, SH. S.ik. MH,. Wakil Ketua 1 DPRK, Syarifuddin,. Wakil Ketua 2 DPRK, Hendra Fadli, SH,. Wakapolres Abdya, Kompol. Muhayyat Efendi,. Ketua MPU, Diwakili Anggota MPU Tgk. Husaini,. Sekda, Salman Alfarisi ST
10. Kajari Abdya, Diwakili Kasie Intel Jhoni Astiaman,. Para Asisten,. Para Staf Ahli . Para Kepala SKPK,. Para Camat, (ft)

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?