Gampong Kuta Murni Gelar Sosialisasi Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat

oleh -10 Dilihat
oleh
Para peserta, pemateri dan perangkat Gampong Kuta Murni Kecamatan Setia kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melakukan foto bersama usai kegiatan sosialisasi Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) di kantor keuchik setempat, Selasa, (9/1/2024). (Foto: Dok. Gampong Kuta Murni).

SIGUPAINEWS.COM | ABDYA – Pemerintah Gampong Kuta Murni, Kecamatan Setia, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), mengadakan kegiatan sosialisasi Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) di kantor keuchik setempat, Selasa, (9/1/2024).

Dalam acara tersebut, hadir Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kabid P3A) DPM4 Abdya, Lia Amelia.

Lia mengatakan bahwa kekerasan terhadap anak tidak hanya terbatas pada kekerasan fisik (non verbal), melainkan juga mencakup kekerasan psikis (verbal).

Baca juga

Ia mengungkapkan bahwa kasus pelecehan, pencabulan seksual, pemerkosaan, penelantaran anak, dan eksploitasi anak menjadi perbincangan umum yang sering muncul dalam berita dan media sehari-hari.

Lia menjelaskan konsep kelompok perlindungan anak berbasis masyarakat sebagai suatu sistem kerja sama yang melibatkan elemen masyarakat yang terikat, terintegrasi, dan saling mendukung dalam upaya menciptakan lingkungan yang aman bagi anak dari segala bentuk kekerasan.

“Program PATBM ini merupakan sebuah gerakan masyarakat yang memiliki dua tugas pokok, pertama mencegah terjadinya kekerasan pada anak, dan kedua merespon cepat apabila terjadi kekerasan pada anak,” ujarnya.

Lebih lanjut, Lia menekankan bahwa pencegahan kekerasan terhadap anak merupakan tanggung jawab bersama semua pihak dan stakeholder.

“Pada sosialisasi ini juga nantinya ada pembentukan aktivis atau relawan perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat, sehingga harapan kami dengan dibentuknya pengurus PATBM nanti dapat bekerja semaksimal mungkin dalam mencegah terjadinya kekerasan terhadap anak,” tandasnya. []

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?