Ganjar Pranowo: Koruptor Harus Miskin dan Dipenjara di Nusa Kambangan

-8 Dilihat

SIGUPAINEWS.COM|KALIMANTAN BARAT – Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, bertemu dengan generasi muda Kota Pontianak, Kalimantan Barat, pada Rabu (31/1/24) siang. Dalam acara “Sejajar” yang digelar di Pontianak Convention Center (PCC), Ganjar mendapat berbagai pertanyaan tentang cara dan komitmen pasangan Ganjar-Mahfud dalam menangani korupsi, baik dari pelaku maupun pencegahannya.

Ganjar, yang pernah menjadi gubernur Jawa Tengah selama dua periode, mengatakan bahwa pemerintahan yang baik (good governance) dan transparansi pelayanan publik dengan digitalisasi di berbagai bidang harus ditingkatkan.

Ganjar juga menyoroti rendahnya Indeks Persepsi Korupsi (IPK) atau Corruption Perception Index (CPI) Indonesia, yang hanya 34 pada tahun 2023. Angka ini sama dengan tahun sebelumnya.

Baca juga

IPK yang rendah membuat Indonesia turun peringkat menjadi 115 dari 180 negara pada tahun 2023. Padahal, pada tahun 2022, Indonesia masih berada di peringkat 110 dari 180 negara.

“Karena kita tidak serius mengurus ini, kalau kita serius maka good governance harus dibangun, contoh harus ditunjukkan, dan tindakan harus tegas, tanpa tebang pilih,” ujar Ganjar kepada wartawan.

Ganjar dan Mahfud MD, pasangannya, menegaskan komitmen mereka untuk memperkuat penegakan hukum terhadap koruptor sebagai strategi pencegahan dan pemberantasan korupsi. Mereka tidak mau ada istilah sandera politik.

Mereka juga ingin memperkuat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggaraan Negara (LHKPN), membuat koruptor miskin dan dipenjara di Nusa Kambangan agar IPK Indonesia meningkat.

“Hari ini kan banyak orang bicara tentang sandera politik, dan itu bermula dari kasus-kasus, yang seperti ini apa menteri tidak tahu? Kan semua menteri tahu,” papar Ganjar.

“Jadi, kalau kita membiarkan hal ini karena politik lebih penting daripada hukum, maka hukum akan kalah dan pemimpinnya bukan lagi hukum tapi politik. Akibatnya, cerita-cerita ini akan terus terjadi dan peringkat kita akan terus turun,” tandasnya.(*)

Sumber : https://pdiperjuangan.id/

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?