Harga Sawit Terus Naik, Capai Rp. 3.100/kg

oleh -1 Dilihat

BANDA ACEH, SIGUPAINEWS.COM– Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit terus mengalami kenaikan.

Menyadur dari Serambi Indonesia, edisi 4/11, saat ini, sebagaimana informasi dari Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Aceh, harga di tingkat pabrik sudah berada pada kisaran Rp. 2.900- Rp. 3.100/kg.

Harga tersebut ia katakan, jauh mengalami kenailan dibandingkan tahun lalu. Dimana ketika itu harga TBS sawit masih berkisar Rp. 900- 1.200/ kg ditingkat petani dan Rp. 1.300 – 1.500/kg ditingkat PKS.

Baca juga

Sekretaris Apkasindo Aceh, Fadli menjelaskan, kenaikan harga TBS sawit ini dipicu oleh meningkatnya permintaan CPO (crude palm oil) dipasar dunia dan dalam negeri. Dipasaran dunia banyak negara Uni Eropa susah membuka diri untuk mengimpor CPO dari Indonesia, Malaysia dan Thailand.

“Sebelumnya hanya beberapa negara saja yang mengimpor CPO dari Indonesia, diantaranya India, Cina, dan Singapura,” sebut Fadli.

Disamping itu imbuhnya, permintaan CPO dipasaran dalam negeri juga tinggi, terutama untuk bahan baku bio solar (B30 dan B40). Fadli menyebutkan harga CPO dalam negeri saat ini sudah mencapai Rp. 14.371/kg.

“Harga TBS sawit ini sangat ditentukan oleh permintaan CPO dipasar dunia dan pasar lokal. Semakin tinggi permintaan CPO, maka harga sawit juga semakin naik” pungkasnya. (ibl)