Hasil Laga Final Sepak Bola Putra PON: Papua Sabet Emas Bekuk Aceh 2-0

-3 Dilihat
Hasil Laga Final papua

 SIGUPAINEWS.COM – PAPUA, Papua berhasil meraih medali emas sepak bola putra Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 setelah mengalahkan Aceh pada laga final. Laga Papua vs Aceh pada final sepak bola putra PON XX Papua 2021 berakhir dengan skor 2-0 di Stadion Mandala Jayapura, Papua, Kamis (14/10/2021) sore WIB. Atas hasil ini, Papua menyabet medali emas sepak bola putra. 

Keberhasilan itu juga membuat Papua sukses “mengawinkan” medali emas cabor sepak bola PON XX 2021. Sebelumnya, pada sepak bola putri, Papua pun meraih medali emas setelah mengalahkan Jawa Barat dengan skor 1-0 pada laga final, Senin (11/10/2021). 

Baca juga: Final Sepak Bola PON Papua Vs Aceh: Warga Serbu Stadion Mandala 4 Jam Sebelum Kickoff, Prokes Ketat Kapten tim sepak putra Papua, Ricky Ricardo, tampil impresif pada laga final melawan Aceh. 

Baca juga

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email 

Ricky mencetak dua gol yang membawa Papua unggul pada babak pertama. Gol pertama Ricky tercipta pada menit kelima. Dia berhasil mengeksekusi penalti dengan baik yang mengecoh kiper Aceh, Chairil Zul Azhar.

Setelah itu, sang kapten berhasil menggandakan keunggulan Papua pada menit ke-22. Torehan dua gol tersebut membuat Ricky kian kokoh di daftar top skor sepak bola putra PON dengan lesakan 11 gol. Skor 2-0 menutup babak pertama untuk keunggulan Papua. 

Pada babak kedua, Papua tak mengendurkan serangan meski telah unggul. Tim asuhan Eduard Ivakdalam itu tetap tampil menekan pertahanan Aceh. Pada menit ke-54, Arody Uopdana mengancam pertahanan Aceh, tetapi upayanya masih belum berhasil. 

Aceh pun bukan tanpa peluang. Anak asuh Fakhri Husaini itu mendapat peluang via Akhirul Wadhan pada menit ke-58. Memanfaatkan kesalahan bek Papua,  Akhirul Wadhan mendapat ruang untuk melepaskan tendangan.

Namun, usahanya masih diblok, hingga bola pun menyamping di gawang Papua. Semenit berselang, giliran tuan rumah Papua yang kembali mengancam Aceh.

Bermula dari pergerakan Rafiko yang mengirim umpan silang ke pertahanan Aceh, bola kemudian disundul oleh Arody, tetapi masih melambung. 

Upaya Aceh untuk bisa menyamakan kedudukan kian sulit setelah mereka harus bermain dengan 10 orang. Muharrir mendapat kartu merah (akumulasi dua kartu kuning) karena pelanggarannya terhadap pemain Papua.

Unggul jumlah pemain, Papua kian agresif menekan Aceh. I Nyoman Nikson mendapat ruang di dalam pertahanan Aceh.

Namun, tendangannya masih ditepis kiper Aceh. Selanjutnya, Ricky Ricardo memiliki kesempatan untuk mencetak hattrick. Akan tetapi, tendangan sang kapten masih menyamping. 

Setelah itu, usaha kedua tim untuk mencetak gol tak menemui hasil. Laga pun berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Papua. Hasil ini membawa Papua meraih medali emas sepak bola putra PON XX 2021. Adapun Aceh meraih medali perak.

Sumber: Kompas