HKN ke-59, Puskesmas Babahrot Abdya Raih Predikat Puskesmas Terbaik,

oleh -5 Dilihat

SIGUPAINEWS.COM|ABDYA – UPTD Rawat Inap Puskesmas Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar beragam acara dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 59. Kali ini, berbagai acara dilakukan di halaman Puskesmas yang ada, Jum’at (15/12/2023).

Acara dengan tema ‘Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju’ itu diikuti oleh Camat Babahrot Drs Al Haris, Forkopimcam, perangkat desa, tenaga kesehatan, kader Posyandu dan Poswindu serta warga sekitar.

Kepala UPTD Rawat Inap Puskesmas Babahrot Bd. Masrita Wati, Str. Keb menyampaikan, berbagai acara yang digelar itu dimaksudkan sebagai pengingat agar setiap peserta dapat menjaga kesehatannya.

Baca juga

“Kesehatan itu penting, oleh karena itu dengan memperingati HKN ke 59 tahun 2023 ini saya mengajak kita semua untuk saling mengingatkan dalam upaya hidup sehat,” kata Masrita.

Selain itu, lanjutnya, acara itu juga bermanfaat untuk meningkatkan rasa peduli antar sesama, khususnya perihal menjaga kesehatan dan juga dapat mempererat kekompakan dan kerja sama yang dapat diandalkan.

Masrita menjelaskan, hal ini juga untuk membentuk dan menumbuhkan pola hidup sehat, tujuannya agar dapat diaplikasi ke masyarakat di desa. Ia mengharapkan agar para peserta acara dapat bersama-sama juga bisa saling mengingatkan tentang menjaga kesehatan.

Kepada masyarakat, Kapus Babahrot mengharapkan agar berperilaku dan menerapkan pola hidup bersih, hal itu untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai jenis penyakit. Karena pada dasarnya, kesehatan bergantung dari diri masing-masing masyarakat.

“Untuk semua yang telah mendukung, dan hadir dalam acara ini, kami ucapkan terimakasih. Semoga kita selalu diberkahi kesehatan sehingga dapat beraktifitas dengan normal. Mari kita menjaga pola hidup sehat untuk membangun negeri,” katanya.

Selain melaksanakan senam sehat, acara itu juga mengumumkan pemenang berbagai lomba seperti pemenang program UKS Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), Posyandu terbaik, Posbindu terbaik, sekolah sehat, dan lomba kutip sampah.

Untuk BIAS, juara 1 diraih oleh SDN 10 Babahrot, juara 2 SDN 1 Babahrot, juara 3 MIS  Blang Dalam, serta SDN 2 Blang Raja sekolah SD terfavorit. Sementara Posyandu terbaik 1 yaitu Pos Jeruk Desa Alue Peunawa, terbaik 2 Pos Ubi Desa Alue Peunawa dan terbaik 3 Pos Pepaya Desa teladan jaya.

Selanjutnya, kriteria sekolah sehat di wilayah Puskesmas Babahrot juara 1 SMPN 1 Babahrot, juara 2 SDN 8 Babahrot, juara 3 SDN 9 Babahrot. Posbindu terbaik 1 didapatkan Pos Jeddah Desa Pantee Rakyat, terbaik 2 Pos Baiyrut Desa Teladan Jaya dan terbaik 3 Posbindu Nicosia Simpang Gadeng.

“Lomba kutip sampah juara 1 Pos Ubi Alue Peunawa, kedua Posyandu Simpang Gadeng, dan juara 3 Posbindu Blang Dalam. Inilah para juara kita untuk tahun 2023 ini. Selamat bagi para pemenang,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Abdya juga mengumumkan bahwa UPTD Rawat Inap Puskesmas merupakan Puskesmas terbaik dalam kabupaten tersebut. Hal itu diumumkan pada pada peringatan HUT Korpri tahun 2023.

“Alhamdulillah pada peringatan HUT Korpri kemarin kita juga meraih predikat Puskesmas terbaik di Abdya. Ini berkat kerja keras dan kerja sama tim UPTD Rawat Inap Puskesmas Babahrot dengan lintas sektor. Terima kasih untuk semua yang sudah ikut memajukan Puskesmas yang kita cintai ini,” tutup Kepala Puskesmas Babahrot Masrita.

Setelah senam dan berbagai acara  yang berlangsung meriah itu dilakukan, Kepala UPTD Puskesmas Rawat Inap Babahrot bersama Camat Babahrot beserta peserta lainnya juga melepas balon udara bertuliskan peringatan HKN ke 59. (*)