Ikut Rainas di Cibubur, Pj Bupati Berangkatkan 21 Orang Pramuka Abdya

-7 Dilihat

SIGUPAINEWS.COM|ABDYA – Penjabat Bupati Aceh Barat Daya (Pj Bupati Abdya) H Darmansah S.Pd.MM., secara resmi melepaskan Kontingen Pramuka Kwartir Cabang Abdya dalam mengikuti pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega (Raimuna) di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur.

Adapun diketahui pelepasan 21 orang jumlah kekuatan yang mengikuti Kontingen Pramuka Abdya yang akan berangkat ke Cibubur yang ditandai dengan penyerahan Bendera kepada pimpinan kontingen oleh Pj Bupati secara langsung di halaman kantor  Sekdakab Abdya, Senin (7/8/2023).

“Selamat kepada anggota pramuka yang terpilih menjadi perwakilan Kabupaten Abdya untuk mengikuti Raimuna Nasional (Rainas) ke – XII tahun 2023 di Cibubur,” ucap Pj Bupati H Darmansah di kesempatan itu

Baca juga

Selanjutnya dirinya mengatakan, kegiatan Rainas ini tentu saja menjadi sebuah wahana bagi anggota Pramuka Penegak dan Pandega untuk berkumpul dalam rangka menjalin silaturrahmi, sekaligus membina dan menjalin persatuan dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang menantang dan berguna untuk diri sendiri, masyarakat sekitar perkemahan serta daerah yang diwakili oleh peserta.

“Kegiatan Raimuna ini adalah program kepramukaan yang berstruktur dan berjenjang, mulai dari tingkat gugus depan, kwartir ranting, kwartir cabang, kwartir daerah hingga Nasional, sehingga dengan pertemuan ini tentunya akan memberikan manfaat yang besar bagi anggota Pramuka,” sebutnya

Melalui kegiatan ini, Pj Bupati berujar, para anggota diharapkan dapat menjalin rasa kebersamaan dan persaudaraan, dan semua ini tidak lain sebagai wujud memelihara serta meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, selanjutnya Ia juga menyampaikan, Pemkab Abdya selalu menyambut baik dan sangat mendukung setiap kegiatan kepramukaan.

“Tantangan pramuka di masa mendatang juga tidaklah mudah. Oleh sebab itu, gerakan Pramuka harus terus menjadi organisasi yang dapat mencetak bibit-bibit unggul dan berkualitas untuk meneruskan estafet kepemimpinan di Indonesia, Aceh dan utamanya Kabupaten Abdya,” harapnya

Tambahnya, Ia menjelaskan gerakan pramuka juga menjadi salah satu organisasi di luar sekolah yang mampu mengelola seluruh anggota disetiap tingkatan organisasi agar senantiasa menjadi pribadi unggul, berakhlak mulia, memiliki cara bersikap dan menanamkan nilai-nilai luhur serta mengajarkan kewajiban individu-individu terhadap negara dan pancasila. Oleh karena itu, pramuka selalu disimbolkan sebagai penerus bangsa yang memiliki karya dan kemajuan dalam berfikir, disiplin dan mampu mengatasi masalah.

“Maka dari itu, berbanggalah kita semua disini yang telah menjadi bagian dari keluarga besar Gerakan Pramuka,” cetusnya.

Terakhir Pj Bupati Abdya H Darmansah, berpesan agar pramuka menjadi sebagai representasi anak muda yang maju dalam berpikir, dan sudah waktunya bisa mengambil peran besar dalam suksesi program pemerintah.

“Maka dari itu, manfaatkanlah beragam kegiatan ini untuk terus meningkatkan kapasitas dan kemampuan masing-masing peserta, sehingga dapat diaplikasikan kepada anggota pramuka lainnya,” demikian diakhir kata Pj Bupati Abdya.(*)