Investor Arab Minta Pemkab Abdya Siapkan Dokumen Untuk Pembangunan Pelabuhan Teluk Surin

-178 Dilihat

SIGUPAINEWS.COM|ABDYA – Investor asal Arab Saudi disebut-sebut akan berinvestasi dan menanam saham hingga Rp 10 Triliun, dalam wacana pembagunan Pelabuhan Teluk Surin di Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), yang akan segera dilanjutkan.

Sebagaimana diketahui bahwa, pembangunan pelabuhan bertaraf internasional tersebut sudah lama dicita-citakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Abdya. Namun hingga saat ini, berbagai problema kian terjadi dan tahap pembangunannya pun berjalan landai.

Pengharapan pembangunan pelabuhan tersebut bukan tanpa alasan, Pemkab Abdya berencana dengan potensi yang dimiliki daerah itu dapat meningkatkan taraf perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Bahkan, dengan adanya pelabuhan itu diharapkan dapat menekan angka inflasi dan pengurangan jumlah pengangguran di daerah.

Baca juga

Berbagai cara pun terus digalakkan. Kali ini Pemkab Abdya menghadirkan langsung calon investor Mr Ahmad Abdullah Kasim asal Arab Saudi melakukan pemantauan ke wilayah Teluk Surin. Kunjungan tersebut dihadiri Penjabat (Pj) Bupati Abdya Darmansah S.Pd, MM serta pihak terkait lainnya.

“Yang kita harapkan pembangunan Pelabuhan Teluk Surin akan terlaksana. Pemkab Abdya komitmen akan membantu proses administrasi sehingga apa yang kita cita-citakan selama ini tercapai,” kata Pj Bupati H Darmansah. Rabu (26/7/2023)

Sementara itu, Mr Ahmad Abdullah Kasim selaku calon investor meminta Pemkab Abdya untuk serius dalam menyiapkan beberapa dokumen agar kesiapan pembangunan pelabuhan Teluk Surin itu dapat terealisasi.

“Insya Allah, semua yang telah disampaikan tadi kepada saya akan kita tampung dan kita pertimbangkan. Yang terpenting tidak tergesa-gesa dan terbuka. Mari kita berdoa bersama agar program ini bisa terealisasi,” ujar Mr Ahmad.

Diwaktu yang sama, Asisten Ekonomi Pembangunan Pemerintah Aceh, Mawardi atas nama Pj Gubernur Aceh mendukung sepenuhnya upaya Pemkab Abdya untuk membangun Pelabuhan Teluk Surin.

“Pemprov Aceh memberikan dukungan untuk pembangunan pelabuhan bertaraf internasional ini. Semoga usaha ini tidak sia-sia,” ujarnya singkat.

Langkah berani yang diambil oleh Pemkab Abdya mendatangkan calon investor asing ini mendapat perhatian dan apresiasi dari masyarakat. H Said Syamsul Bahri selaku pengusaha di Kabupaten Abdya berharap wacana Pembangunan Pelabuhan Teluk Surin dapat terealisasi.

Disamping itu, Said Syamsul juga mendukung agar Pj Bupati Abdya H Darmansah kembali dipercaya oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk memimpin Abdya lagi demi mendukung program pembangunan di Abdya.

“Semoga apa yang menjadi cita-cita kita bersama dapat terkabulkan. Kita siap mendukung program Pj Bupati Darmansah demi kesejahteraan masyarakat Abdya,” pungkasnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, dalam pembangunan Pelabuhan Teluk Surin nantinya, pihak calon investor akan menghabiskan anggaran ditaksir dari Rp 6 triliun hingga Rp 10 triliun atau lebih itu.

Pada kegiatan kunjungan tersebut juga turut dihadiri Kapolres Abdya AKBP Dhani Catra Nugraha SH, SIK, MH, perwakilan Dandim Abdya, para stakeholder, kepala SKPK, para camat, keuchik dan tamu undangan lainnya. (*)

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?