Kegiatan Jambore Kader PKK Abdya, Upaya Meningkatkan Kualitas dan Kebersamaan

oleh -83 Dilihat
Ketua TP PKK Abdya Hj. Zulhijjah Darmansah, dan foto Mano Pucok. Foto : Fitria Maisir/SIGUPAINEWS.COM)

SIGUPAINEWS.COM|ABDYA – Sebanyak 152 kader PKK dari 9 kecamatan dari 152 desa di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengikuti kegiatan Jambore Kader PKK yang digelar oleh Tim Penggerak PKK kabupaten setempat. Kegiatan ini berlangsung di Aula Gedung PKK Abdya. Selasa, (5/12/2023).

Tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah “Kita Bangkitkan Kembali Nilai Budaya dan Seni serta Mempererat Silaturahmi Antar Sesama Kader PKK Pesan Cinta untuk Kader PKK bahwa PKK Selalu Berjaya”. Tema ini mencerminkan tujuan kegiatan ini, yaitu untuk meningkatkan kembali nilai budaya dan seni, mempererat silaturahmi, meningkatkan kebersamaan, kerja sama, dan gotong royong, serta melatih kekompakan, semangat, dan pemahaman tentang PKK.

Ketua TP PKK Abdya Hj. Zulhijjah Darmansah dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya untuk memperkuat program PKK tingkat kecamatan dan gampong, serta mendukung peningkatan kualitas pelayanan dan kinerja para anggota TP PKK dalam Abdya.

Baca juga

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, kerjasama yang baik, sinergitas dan kebersamaan yang sudah terjalin baik terutama antara para kader PKK se-Abdya dapat meningkat lebih baik lagi. Guna mewujudkan kemajuan dan perubahan serta meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Abdya,” ujarnya.

Anggaran pelaksanaan kegiatan ini bersumber dari APBK pada Dinas DPMP4 Bidang PKK. Dalam kegiatan ini, para kader PKK mengikuti berbagai lomba dan kegiatan yang bertujuan sesuai dengan tema kegiatan. Beberapa lomba dan kegiatan yang dilaksanakan antara lain adalah:

* Lomba Manoe Puchok, yaitu budaya adat yang sering dilakukan pada acara tradisi perkawinan dan sunat rasul. Manoe Puchok ini berasal dari legenda sejarah Simalelang dan Simadion dari Kerajaan Kuala Batee. Lomba ini bertujuan untuk melestarikan khazanah budaya yang ada di Abdya.

* Pesan Berantai, yaitu kegiatan yang menguji kemampuan komunikasi, koordinasi, dan kerjasama antara kader PKK di tingkat kabupaten, kecamatan, dan gampong.

* Yel-Yel PKK, yaitu kegiatan yang mengharuskan para kader PKK untuk membuat dan menyanyikan yel-yel yang menggambarkan visi, misi, dan tujuan PKK. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta, bangga, dan loyalitas terhadap PKK.

Terakhir Ketua PKK Abdya berharap, kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas kader PKK dalam melaksanakan program-program PKK. Ia juga berharap, kegiatan ini dapat mempererat silaturahmi dan kebersamaan antar kader PKK se-Abdya.

“Terakhir harapan kami kepada seluruh peserta jambore agar dapat mengikuti berbagai kegiatan yang dilaksanakan dengan baik, sehingga menjunjung tinggi sportifitas dan kebersamaan dan sasaran pelaksanaan kegiatan jambore dapat tercapai,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua MAA Abdya, T Cut Amri yang dijumpai awak media di ruang kerjanya mengatakan, ia mendukung kegiatan Tim Penggerak PKK yang dilakukan hari ini. Ia mengapresiasi upaya PKK yang terus melestarikan budaya dan adat Manoe Pucok, Pesan Berantai lnan adat lainnya.

“Saya harap, adat dan istiadat yang ada di Bumoe Bereh Sigupai ini yang kian hari mulai memudar agar bisa terus dilestarikan,” ucapnya.(*)

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?