Kejari Abdya Ajak Masyarakat Lestarikan dan Kembangkan Padi Sigupai

oleh -14 Dilihat

SIGUPAINEWS.COM|ABDYA – Kejaksaan Negeri Aceh Barat Daya (Kejari Abdya), Heru Wijatmiko, S.H., M.H., menggelar acara temu lapang tanam serentak padi Sigupai tahun 2024 bersama masyarakat setempat. Acara ini dilaksanakan di lahan kosong yang berada di belakang komplek kantor Kejaksaan Negeri Abdya. Sabtu (2/3/2024).

Heru Wijatmiko mengatakan, acara ini merupakan bagian dari program ketahanan pangan yang dicanangkan oleh Kejaksaan Agung. Ia juga mengatakan, lahan yang digunakan untuk menanam padi Sigupai ini sebelumnya adalah lahan semak yang sudah dibersihkan berkat kerjasama dengan Dandim Roqich. dan Kapolres Dhani CN.

“Alhamdulillah pak kadis pertanian langsung respon, katanya kalau di lahan yang sudah bersih ini hasil cek lapangan yang dilakukan yang cocok ditanam adalah padi Sigupai dan luasnya lumayan,” ujar Heru Wijatmiko.

Baca juga

Ia menambahkan, padi Sigupai adalah produk unggulan Abdya yang sudah menjadi ikon bagi seluruh masyarakat. Ia berharap, dengan menanam padi Sigupai ini, produktivitas dan kesejahteraan masyarakat bisa lebih meningkat.

“Selaku kepala kejaksaan negeri Aceh Barat Daya, saya mengucapkan terima kasih atas dukungan pak PJ Bupati Abdya, pak kadis pertanian, dan semua pihak yang terlibat dalam acara ini. Semoga ini bisa menjadi contoh dan motivasi bagi masyarakat Abdya untuk terus mengembangkan padi Sigupai,” tutupnya.

Sementara itu, PJ Bupati Abdya H. Darmansah, S.Pd., M.M., dalam sambutannya mengapresiasi inisiatif Kejaksaan Negeri Abdya yang sudah menangkap momen ini untuk melakukan kegiatan ketahanan pangan. Ia juga mengatakan, padi Sigupai adalah salah satu kekayaan Abdya yang harus dilestarikan dan dikembangkan.

“Jadi dalam laporan sambutan pak Kejari tadi sudah menyampaikan luas lahannya yang dulu kosong dan semak kini sudah bersih yang berlokasi di belakang komplek kantor. Terima kasih kepada pak Kejari yang sudah mengembangkan tanaman padi Sigupai. Tentunya sudah terbayangkan hasilnya pada saat panennya nanti,” kata Darmansah.

Darmansah juga menuturkan, se-Indonesia khususnya Abdya masih menanam padi dua kali setahun dan masih memiliki stok beras yang lumayan. Bulog juga ikut terus berpartisipasi dalam menjaga ketahanan pangan. Namun demikian, ia mengingatkan agar masyarakat tidak lengah dan tetap gemar menanam padi.

“Kalau nanti secara tiba-tiba terjadi stop beras dari luar, tentunya tidak ada lagi beras masuk ke Bulog. Lalu kita tidak mau menanam padi, jadi nanti mau makan apa? Sesibuk-sibuknya kita, yang datang cuma beras. Kita pikir beras benaran, ternyata beras plastik. Sekali lagi disampaikan, lahan kita subur, banyak yang masih terbengkalai. Seperti yang dilakukan oleh pak Kejari Abdya ini, contoh bagi kita semua, agar masyarakat kita juga ikut menanamnya,” ujarnya.

Ia juga menghimbau PNS yang memiliki lahan kosong agar tidak membiarkannya terbengkalai, melainkan menanam sayur-sayuran atau jagung, kacang tanah, ubi kayu, ubi jalar, dan komoditas lainnya. Selain itu, ia juga mengatakan, kalau kita produksi sekaligus, berarti kita sudah mengamankan kedaulatan pangan.

“Apalagi di Abdya ini, Breuh Sigupai sudah merupakan sesuatu ikon yang sangat luar biasa dan harganya lumayan mahal juga barangnya cukup langka didapatinya. Namun demikian, Dinas Pertanian dan Pangan terus berupaya untuk dapat terus mempertahankan kualitas benih padi Sigupai. Sebab satu saat nanti kita terus mengembangkan menanam padi ikon Abdya ini. Karena benih padi Sigupai itu unik, kalau ditanam di luar Aceh Barat Daya wanginya berkurang. Nah, kalau ada yang tidak percaya nanti boleh dicoba,” katanya.

Darmansah juga mengungkapkan, selama 1,5 tahun menjalankan tugas sebagai PJ Bupati Abdya, ia merasa bersyukur kepada Allah SWT bahwa roda pemerintahan berjalan dengan baik berkat kerjasama dengan forkopimkab dan semua jajaran. Ia juga mengatakan, Alhamdulillah Aceh Barat Daya tidak termasuk dalam daerah inflasi.

“IFH-nya saja di bawah nasional, artinya harga barang-barang di sini masih stabil dan terjangkau. Ini semua berkat kerja keras kita bersama. Mari kita terus bersinergi dan berkolaborasi untuk membangun Abdya yang lebih maju dan sejahtera,” pungkasnya.(*)