Kemenag Siapkan Bantuan Penyelesaian Pendidikan S2 dan S3 untuk SDM Unggul

-18 Dilihat
Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani (Foto : Ist)

SIGUPAINEWS.COM|JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) meluncurkan program afirmasi baru bagi mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan Pascasarjana, S2 dan S3, di perguruan tinggi dalam negeri. Program tersebut bernama Bantuan Penyelesaian Pendidikan (BPP) dan merupakan bagian dari Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) Kemenag.

BPP diberikan kepada SDM Kemenag yang sedang kuliah S2 dan S3 dengan biaya mandiri. Tujuannya, agar mereka dapat menyelesaikan studi dengan cepat, tepat, dan berkualitas. BPP bukan beasiswa penuh, melainkan bantuan finansial yang diberikan sebagai bentuk dukungan Kemenag bagi peningkatan profesional berkelanjutan.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani mengatakan bahwa BPP dapat meningkatkan mutu alumni Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK), Guru, Dosen, Tenaga Kependidikan pada PTK dan pegawai Kemenag.

Baca juga

“Ini adalah program afirmasi yang kami harapkan dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan SDM Kemenag,” ujarnya di Jakarta, Rabu (11/10/2023).

BPP Dalam Negeri ditujukan bagi Dosen, Guru, Tenaga Kependidikan, Alumni PTK dan Pegawai Kemenag yang sedang kuliah S2 dan S3 dengan biaya mandiri. Syaratnya, mereka harus berstatus sebagai mahasiswa aktif minimal di semester 3, memiliki IPK minimal 3.25, kuliah di perguruan tinggi terakreditasi A/B, tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain, telah lulus seminar proposal tesis/disertasi, mendapat rekomendasi dari pimpinan tempat tugas dan pembimbing tesis, serta bersedia menandatangani pakta integritas.

Ketua Project Management Unit Beasiswa Indonesia Bangkit (PMU BIB) Kemenag Ruchman Basori mengatakan bahwa pada tahun anggaran 2023, penerima BPP S2 Dalam Negeri berjumlah 150 orang dengan masing-masing mendapatkan Rp. 20.000.000 dan untuk program BPP S3 berjumlah 200 orang dengan masing-masing mendapatkan Rp. 25.000.000.

Pendaftaran BPP dibuka mulai tanggal 11 hingga 20 Oktober 2023 secara daring melalui laman [beasiswa.kemenag.go.id]. Pendaftar harus melengkapi profil dan dokumen persyaratan sesuai dengan jenis beasiswa yang diikuti. Seleksi administrasi akan dilakukan pada tanggal 23 hingga 25 Oktober 2023 dan pengumuman hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 31 Oktober 2023.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengikuti program BPP ini, segera daftarkan diri Anda dan jangan sampai ketinggalan kesempatan emas ini. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di laman [beasiswa.kemenag.go.id] atau menghubungi PMU BIB Kemenag di nomor telepon (021) 31930108 ext. 1010/1011/1012 atau email [email protected].(*)

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?