Kenal Lebih Dekat Dengan Seulawah, Gunung Merapi Aktif Di Aceh

-9 Dilihat
Gunung Merapi Seulawah Aceh dan Daerah Pemukiman Saree Aceh Besar
Foto udara Gunung Merapi Seulawah Aceh dan Daerah Pemukiman Saree Aceh Besar. Foto: Ikbal Fanika)

SIGUPAINEWS.COM- Gunung Seulawah atau orang Aceh menyebutnya Seulawah Agam adalah sebuah nama gunung merapi aktif di Aceh. Terletak di Kecamatan Seulimum dan Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh gunung ini termasuk dalam salah satu kawasan yang dilindungi karena didalamnya terdapat berbagai kekayaan alam flaura dan fauna serta hewan satwa yang dilindungi.

Sebagai Kawasan Penyangga Ekosistem Leuser, area ini memiliki luas lebih kurang 1,4 juta ha yang meliputi wilayah Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Jaya, Aceh Besar, Pidie, Bireun dan Aceh Tengah. Suhu udara disini berada di titik minimum 19-21 C dan maksimum 25-30 C dengan curah hujan yang berkisar 2.000 – 2.500 mm pertahun.

Gunung Seulawah Agam terbentuk akibat pertemuan lempeng Indo-Australia yang bergerak relatif ke utara, menujam di bawah Lempeng Kerak Benua Eurasia. Akibat penuzaman itu maka terjadi proses peleburan (melting) kerak Samudera Indo-Autralia menjadi magma, yang kemudian menerobos kepermukaan melewati zona lemah dan kemudian membentuk Gunung Seulawah Agam.

Baca juga

Gunung ini memiliki tinggi 1726 meter dari permukaan laut (mdpl) dengan kondisi alam yang sejuk dan curah hujan yang tinggi. Maka didaerah tersebut banyak didapati bermacam jenis flora dan fauna seperti, gajah, rusa, harimau, beruang, babi hutan, tenggiling, landak dan ular, juga terdapat berbagai macam jenis burung memiliki suara merdu memadukan irama alami yang harmoni.

Di kasawan ini juga terdapat berbagai kekayaan hutan dan berbagai macam jenis kayu seperti meranti, copat, cemara, beramah, urip, deriam dan semantuk sehingga menjadi penyangga kehidupan bagi makhluk hidup di kawasan tersebut.

Gunung Merapi Seulawah Aceh dan Daerah Pemukiman Saree Aceh Besar
Foto udara Gunung Merapi Seulawah Aceh dan Daerah Pemukiman Saree Aceh Besar. Foto: Ikbal Fanika)

Aktivitas gunung Seulawah sendiri pernah bebrapa kali mengalami peningkatan. Berdasarkan catatan Pusat vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), pada 16 dan 21 Agustus 1975 terdengar suara gemuruh dan asap keluar dari Gunung Seulawah Agam. Kemudian pada September 2010, PVMBG juga menaikkan status Gunung Seulawah Agam menjadi waspada karena terjadi peningkatan aktivitas vulkanik, terutama kegempaan di gunung itu.

lalu pada tanggal 4 Januari 2013, status waspada kembali dikeluarkan masih terkait dengan peningkatan aktivitas kegempaan vulkanik.

Kini aktivitas Seulawah masih tergolong aman, dan belum menunjukkan tanda-tanda meningkatnya aktivitas vulkanik. Tanahnya yang subur membuat masyarakat yang mendiami kawasan Seulawan menjadi surga untuk bercocok tanam aneka sayur, buah dan tanaman biji lainnya. Aktivitas ekonomi masyarakat sekitar kina menggeliat seiring ramainya para pengunjung yang datang ke daerah tersebut.

Foto dan Teks: Ikbal Fanika