Kodim 0110 Abdya Lakukan Penanaman Seribu Pohon Bakau Guna Pencegahan Abrasi Pantai

-0 Dilihat
Kodim 0110 Abdya Lakukan Penanaman Seribu Pohon Bakau
Kodim 0110 Abdya Lakukan Penanaman Seribu Pohon Bakau

SIGUPAINEWS.com ABDYA – Komandan Kodim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi memimpin penanaman 1000 batang pohon bakau (Rhizophora) di pesisir pantai Lama Muda Kecamatan Kuala Batee, Selasa (20/9/2022).

Diketahui, kegiatan penghijauan tersebut digelar Kodim 0110/Abdya melalui Program Pembinaan Masyarakat Tanggap Bencana TA 2022. Aksi yang bertajuk ‘Bersama TNI Membangun Bangsa’ ini turut diikuti Muspika, Kepolisian, relawan Tagana, Pelajar, Persit dan puluhan masyarakat setempat.

Dalam sambutannya Dandim mengatakan kegiatan penghijauan digelar dalam rangka upaya mencegah abrasi pantai sekaligus meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.

Baca juga
Komandan Kodim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi

Pesisir pantai Lama Muda rawan terhadap abrasi, karena berhadapan langsung dengan lautan, tidak ada penahan ombak. Oleh karenanya penanaman pohon bakau di lokasi itu sangat penting untuk memperlambat laju gelombang ke daratan.

Selain dapat mencegah abrasi, pohon bakau juga berguna untuk ekosistem laut dan bermanfaat untuk ekonomi masyarakat.

“Barusan saya dengar langsung dari pak Keuchik (Kades), dulu pesisir ini  kaya dengan udang dan ikan karena banyak pohon bakaunya. Namun karena kurangnya kepedulian, pohon bakau di pesisir semakin jarang, dan wajar jadi rawan abrasi,” ujarnya.

Untuk itu Dandim mengajak seluruh komponen bersama-sama merawat serta meningkatkan jumlah pohon bakau demi kelestarian lingkungan dan menangkal bencana abrasi.

“Jika itu terwujud, ke depan pohon bakau ini akan menjadi green belt atau sabuk hijau pantai. Tidak hanya bermanfaat mencegah abrasi, namun juga akan menambah destinasi keindahan pantai. Ini akan menjadi daya tarik wisata dan mengungkit ekonomi daerah,” kata Dandim.

Pantauan pewarta di lokasi, kegiatan ini mendapat apresiasi dari kalangan setempat. Puluhan warga dan pelajar tingkat SMP-SMA antusias menandai pohon bakau yang ditanaminya. (FIT)