Kurangi Efek Negatif Penggunaan Medsos Terhadap Anak, Gampong Tangan Tangan Cut Adakan Sosialisasi

-9 Dilihat

SIGUPAINEWS.COM|ABDYA – Pemerintah Gampong Tangan Tangan Cut Kecamatan Setia kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), melakukan kegiatan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) dengan topik bahasan Pentingnya Pendampingan Orang Tua Dalam Dunia Medsos Anak, Minggu (24/12/2023)

Kegiatan sarasehan tersebut berlangsung di kantor keuchik setempat dengan menghadirkan narasumber dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMP4) Abdya, Lia Amelia dan Pendiri Yayasan Kebun Ilmu, Lissa Bella Rina Putri.

Dalam sambutannya, Keuchik Tangan Tangan Cut, Juwanda M. Nur mengatakan kegiatan PATBM tersebut anggaran pelaksanaannya bersumber dari Dana Desa.

Baca juga

“Kegiatan ini kita laksanakan atas wujud kepedulian kita untuk meminimalisir dampak negatif penggunaan Media Sosial terhadap Anak,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Lissa Bella Rina Putri, dalam pemaparan materinya mengatakan bahwa penggunaan gadget (acang atau gawai) oleh anak-anak ibarat dua sisi mata uang.

“Gadget itu dapat menghadirkan dampak positif dan negatif. Jika salah menggunakannya, si pemegangnya bisa terjerumus dalam berbagai permasalahan,” ujarnya.

Lebih lanjut, alumni Psikologi Universitas Muhammadiyah Aceh tersebut menjelaskan penggunaan gadget pada anak usia belia khususnya di bawah lima tahun akan sangat berdampak pada lemahnya kemampuan motorik kasar dan halus, serta kemampuan verbalnya.

“Ketika anak banyak memegang gadget maka dapat berdampak delay speech, lemas syaraf untuk bergerak, bahka pada situasi tertentu ada pula anak yang menjadi agresif dan mengalami problem focus karena kecanduan HP,” ujar Mis Icha panggilan akrabnya.

Sementara itu, Lia Amelia selaku Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mengatakan akan pentingnya orang tua mendampingi anak-anaknya dalam mengakses media sosial.

“Pendampingan orang dewasa (orang tua) terhadap anak menjadi penting agar informasi di media sosial tersebut dapat tersaring dengan baik,”

Menurutnya, jika akses media sosial (Medsos) tidak digunakan sebagaimana mestinya, informasi negatif di dalamnya justru akan membuat perilaku anak menjadi tidak benar.

“Yang menjadi kunci adalah bagaimana orangtua memahami apa itu media sosial. Apa aspek positif dan negatifnya,” pungkasnya.(*)

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?