Libatkan 6 Penguji Nasional dan 3 Narasumber Lokal di UKW PWI Aceh

-2 Dilihat
Ket Foto : Ketua PWI Aceh, Nasir Nurdin menyampaikan sambutan pada pembukaan UKW Angkatan XVI di Grand Nanggroe Hotel, Banda Aceh, Rabu, 26 Juli 2023. (Foto Humas Diskominfosa Aceh)

SIGUPAINEWS.COM|BANDA ACEH – Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan XVI yang dilaksanakan PWI Aceh bekerja sama dengan Pemerintah Aceh Cq Diskominfosa dimulai.

Kegiatan yang diikuti 36 wartawan anggota PWI dari berbagai media tersebut berlangsung di Grand Nanggroe Hotel, Banda Aceh, 26-27 Juli 2022. Kegiatan itu sendiri diawali dengan sesi pra-UKW, Selasa, 25 Juli 2023 dipandu oleh T. Haris Fadhillah dan Asnawi Kumar dari PWI Aceh.

Rangkaian acara pembukaan diisi dengan laporan panitia pelaksana oleh Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik Diskominfosa Aceh, Alfajrian, AB, SE, MM.

Baca juga

Selanjutnya sambutan Ketua PWI Aceh, Nasir Nurdin yang antara lain melaporkan update jumlah anggota PWI Aceh termasuk yang sudah kompeten untuk jenjang Muda, Madya, dan Utama.

“Terima kasih kepada Pemerintah Aceh melalui Diskominfosa yang telah memfasilitasi pelakasaan UKW sejak 2018 lalu dan kami berharap terus berlanjut,” kata Nasir.

Nasir menambahkan, peserta UKW Angkatan XVI terdiri enam kelas dengan rincian empat kelas jenjang Muda dan dua jenjang Madya. Masing-masing kelas terdiri enam peserta.

UKW Angkatan XVI dibuka oleh Kadiskominfosa Aceh, Marwan Nusuf.

Marwan menyebutkan pihaknya bangga bisa bekerja sama dengan PWI Aceh melaksanakan UKW untuk mencetak wartawan profesional dan benar-benar kompeten di bidangnya.

“Terima kasih kepada PWI Aceh, tim penguji, narasumber, dan panitia yang secara bersama-sama bekerja untuk suksesnya kegiatan ini. Insya Allah kita bisa terus bekerja sama,” kata Marwan Nusuf.

Penguji nasional

UKW XVI PWI Aceh melibatkan enam penguji bersertifikat nasiona, yaitu Muhammad Syahrir dan Austin darI PWI Sumut dan empat lainnya yaitu Tarmilin Usman, T. Haris Fadhillah, Iranda Novandi, dan Aldin Nainggolan dari PWI Aceh.

Selain enam penguji, juga dihadirkan tiga narasumber lokal untuk sesi uji kemampuan wawancara terjadwal dan wawancara cegat oleh peserta UKW jenjang Muda.

Ketiga narasumber lokal masing-masing Kadiskominfosa Aceh Marwan Nusuf, B.HSc, MA, Plh Kadis Pendidikan Aceh Dr. Asbaruddin, STP, MM, MEng dan Komisioner Panwaslih Bireuen Desi Safnita.(**)