Lokakarya Penguatan Pemerintah Mukim Abdya Resmi di Buka Wali Nangroe Aceh

-50 Dilihat
Keterangan : Paduka yang mulia Wali Nangroe Aceh, Tgk. Malik Mahmud Al Haythar, saat di wawancara oleh awak media Kamis 8 Juni 2023 ( Foto : SIGUPAINEWS.COM/Fitria Maisir)

SIGUPAINEWS.COM|ABDYAPaduka yang mulia Wali Nangroe Aceh, Tgk. Malik Mahmud Al Haythar resmi membuka acara Lokakarya Penguatan Pemerintah Mukim Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), diselenggarakan oleh Forum Imum Mukim (FIM) yang berlangsung di Aula Arena Motel Desa Kuta Tuha, Kecamatan Blangpidie, kabupaten setempat. Kamis (8/6/2023).

Pada acara pembukaan Lokakarya tersebut Wali Nangroe Aceh Tgk. Malik Mahmud Al Haythar mengatakan melalui kegiatan tersebut, diharapkan dapat menghasilkan rumusan-rumusan strategis dalam upaya pelaksanaan tugas dan fungsi mukim, khususnya pola pemerintahan hubungan kerja antara mukim dengan pemerintahan gampong,

“Melalui peran imum mukim, yang akan disampaikan perencanaan kabupaten atau kota kepada pemerintahan untuk program pemerintah dijadikan strategis sesuai dengan fungsi pada kesempatan ini, kita berharap para imum mukim dapat pro aktif melakukan identifikasi setiap permasalahan yang ada,” kata Wali Nangroe Aceh.

Baca juga

Dengan adanya keberadaan mukim, Wali Nangroe Aceh, berujar sangat penting untuk legalitas itu perlu adanya perhatian pemerintah aceh dan pemerintah kabupaten atau kota dalam memaksimalkan pelaksanaan fungsi dan tanggungjawabnya di masa sekarang.

“Kegiatan lokakarya pada hari ini dilaksanakan dengan mengoptimalkan pedoman, tujuan bimbingan, untuk penyelenggaraan pemerintahan mukim melalui pemberian pelatihan pengawasan yang diperlukan untuk mendukung sepenuhnya penataan mukim yang terjadi di wilayah kerja masing-masing,” tuturnya

Terakhir Paduka yang mulia Wali Nangroe aceh Tgk, Malik Mahmud Al Haythar berpesan bagi lembaga pemerintahan adat, khususnya imum mukim, memiliki tanggung jawab besar dalam rangka menciptakan kehidupan masyarakat yang aman, nyaman, tentram dan sejahtera, dalam memahami setiap permasalahan, dan solusi yang perlu ditempuh di masing-masing gampong.

Kemudian Katua FIM Abdya Muhammad Yasin Yusuf juga mengatakan Tujuan dari acara lokakarya tersebut adalah untuk mempertegas topoksi dari mukim.

“Hari ini tujuan acara ini pun sebagai wahana belajar bagi kami dari seluruh peserta yang hadir, kami menunggu sumbangan saran dan ide terkait pemerintahan kemukiman” kata Ketua FIM Abdya. (*)