Memperingati HKN Ke-58 Pukesmas Babahrot Lakukan Senam Jantung Sehat

oleh -2 Dilihat
oleh

SIGUPAINEWS.com | ABDYA – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58, Puskesmas Babahrot di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh, melaksanakan senam jantung sehat dan lansia. Kegiatan itu berlangsung di Lapangan Merdeka, Babahrot, pada Sabtu (19/11/2022).

Kegiatan itu dengan mengusung tema ‘Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku’, kegiatan Gerakan Kesehatan Masyarakat (GERMAS) senam jantung sehat bersama lintas sektor itu, dihadiri oleh Kadinkes Abdya, Safliati, S.ST, M.Kes, Forum Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Babahrot, para kades, Kepsek SD, SMP, SMA,para staf, PLKB, kader dan masyarakat Babahrot.

Kepala Puskesmas (Kapus) Babahrot, Masrita Wati, A.Md. Keb mengatakan, kegiatan GERMAS tersebut dilaksanakan sebagai bentuk dukungan terhadap kondisi kesehatan nasional, hal itu juga bertepatan dengan peringatan HKN ke-58.

Baca juga

Selain itu, senam yang turut dihadiri oleh staf puskesmas, Kader Pos Binaan Terpadu (Posbindu) dan Pos Pelayanan Keluarga Berencana, Kesehatan Terpadu (Posyandu) di wilayah Puskesmas Babahrot juga untuk membangun dan menumbuhkan pola hidup sehat, tujuannya agar dapat diaplikasi ke masyarakat di desa masing-masing para kader.

“Hidup dengan tubuh yang sehat berawal dari pribadi masing-masing. Jadi sebelum para kader menerapkannya ke masyarakat, maka terlebih dahulu dimulai dari diri masing-masing para kader,” kata Masrita di Babahrot.

Masrita menjelaskan, kegiatan itu dilaksanakan dengan tindakan sistematis dan terencana serta dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup, bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Mari kita budayakan pola hidup CERDIK, yaitu Cek kesehatan berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin berolahraga, Diet seimbang , Istirahat cukup dan Kelola stres dengan baik sehingga kesehatan kita semakin terjaga,” tutur Masrita.

Kepada masyarakat, Kapus Babahrot berharap agar berperilaku dan menerapkan pola hidup bersih, hal tersebut untuk menjaga kesehatan sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit. Karena pada dasarnya, kesehatan tergantung dari diri masing-masing masyarakat.

“Untuk semua yang telah mendukung, dan berhadir dalam kegiatan ini, kami ucapkan terimakasih. Semoga kita selalu diberkahi kesehatan sehingga dapat beraktifitas dengan normal. Mari kita menjaga pola hidup sehat untuk membangun negeri,” ujarnya.

GERMAS merupakan gerakan nasional yang dilaksanakan oleh seluruh lapisan masyarakat, dengan mempraktekkan pola hidup sehat sehari-hari. Selain itu juga menggerakkan institusi dan organisasi masing-masing untuk mempelopori.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Abdya, Safliati, SST, M.Kes mengaku mengapresiasi kegiatan tersebut, menurutnya hal itu merupakan kegiatan yang dapat menyehatkan fisik dan dapat meningkatkan imunitas.

“Sebagai Kadinkes Abdya, kami sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Puskesmas Babahrot. Semoga puskesmas-puskesmas lain yang ada di Abdya juga dapat menggelar kegiatan yang bersifat positif seperti ini,” tutur Safliati.

Apalagi pasca pandemi Covid-19, tambah Safliati, senam sehat seperti yang digelar Puskesmas Babahrot ini sangat berpengaruh dalam meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga bisa terhindar dari serangan virus.

“Kepada camat dan Kapus Babahrot sebagai inisiator kegiatan ini, agar dapat melaksanakan kegiatan positif seperti ini setiap tahun, tujuannya agar budaya dan perilaku hidup sehat di masyarakat selalu terjaga demi kesehatan,” tuturnya.

Sementara untuk para kader, dia berharap agar selalu bekerja dengan ikhlas dengan berdasarkan hati nurani, sehingga peran kader bisa bermanfaat dan optimal dalam menjalankan kegiatan.

“Kita berharap para kader selalu bekerja sama dengan petugas, agar dapat memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada masyarakat,” kata Safliati.

Lain halnya dengan warga, Kadinkes Abdya mengajak seluruh masyarakat agar selalu peduli terhadap kebugaran tubuh dan kesehatan. Caranya dengan berperilaku hidup bersih, pola makan teratur dan seimbang, olahraga, serta menjaga lingkungan agar tetap bersih dari sampah, polusi.

“Yang sangat menarik dari kegiatan ini adalah pengutipan sampah, bahkan pengumpul sampah terbanyak diberikan hadiah. Ini bukti bahwa Puskesmas Babahrot dan masyarakat peduli terhadap lingkungan,” ucap Safliati.

Selain melaksanakan senam jantung sehat dan lansia, kegiatan tersebut juga mengumumkan pemenang berbagai perlombaan seperti pemenang program terbaik dari posyandu, posbindu, posyandu remaja dan UKS terbaik.

Untuk Posyandu, juara 1 Desa Alue Peunawa/Pos Pisang, juara 2 Desa Teladan Jaya/Pos Sawo, juara 3 Desa Alue Jereujak/Pos Semangka. Posbindu, juara 1 Desa Pante Cermin, juara 2 Desa Teladan Jaya, juara 3 Desa Blang Dalam.

Sementara Posyandu Remaja juara 1 Blang Dalam, 2 Pante Rakyat, dan 3 Pante Cermin. Sedangkan untuk UKS, SMPN1 Babahrot mendapatkan juara 1, SDN 10 Babahrot juara 2, dan SDN 8 Babahrot juara 3.

Kegiatan itu juga melaksanakan pelepasan balon udara bertuliskan peringatan HKN ke-58. Di akhir kegiatan, para peserta melakukan pembersihan Lapangan Merdeka Babahrot dengan cara mengutip sampah. Pengumpul sampah terbanyak juga mendapatkan hadiah uang tunai dari Kepala UPTD Puskesmas Babahrot, Masrita Wati, A.Md. Keb. (Fit)

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?