Merawat Tradisi Mejangko Saat Libur Lebaran di Meukek

-576 Dilihat

SIGUPAINEWS.COM|ACEH SELATAN – Sungai krueng Meukek adalah hulu sungai dari puncak Gunung Louser dan disini terdapat Ikan endemik yang biasanya cuma ada di Sungai Krueng Meukek, Krueng Baru dan Krueng Sawang, Kabupaten Aceh Selatan.

Masyarakat setempat biasanya menyebut  Ikan Jangko, dengan jenisnya yang kecil- kecil dan hidup di air yang deras, sehingga ikan ini terkesan sangat lincah.

Disaat hari libur lebaran biasanya  kelompok anak muda di sini sering berlibur di bantaran krueng Meukek sambil memburu ikan Jangko. Lalu memasaknya secara bersama sama dengan bumbu khas untuk ikan air tawar ditambah bumbu yang khusus untuk memasak ikan Jangko ini. Selain digulai ikan Jangko ini juga enak di goreng.

Baca juga

Cara berburunyapun unik seperti menjaring ikan pukat di pinggir laut, secara bersama sama disungai dan menahan perangkap dengan memasang goni atau jaring perangkap ikan.

Muchsin yang juga putra asli Meukek  menjelaskan kebiasaan pemuda dan masyarakat setempat meluangkan waktu libur lebaran ini untuk memburu ikan Jangko.

“Seperti yang kita lakukan saat ini bersama kawan -kawan seangkatan Alumni Generasi 90 an yang sekolah di SMP dan SMA Meukek meluangkan waktu untuk berburu ikan
jangko ini. Hal ini  juga sebagai sarana untuk meperkuat silaturahmi antar sesama kawan kawan yang sama sekolah dulu,”ucap Muchsin yang juga sekarang menjabat sebagai Kadis Pariwisata Aceh Selatan, Selasa (25/4/2023)

Muchsin menjelaskan apalagi alumni kita ini sekarang sudah terpencar di berbagai daerah, disaat momentum pulang kampung saat lebaran ini kami selalu memanfaatkan momen mejangko ini sebagai ajang memperkuat silaturahmi.

Kami sangat tertarik dengan tradisi mejangko ini. Karena ini juga sebagai warisan indatu yang perlu kita jaga dan lestarikan, apalagi ikan ini termasuk ikan endemik yang ada di Aceh Selatan.

“Kita sekarang memang sedang memilirik cirikhas tradisi yabg ada di Aceh Selatan untuk kita lestarikan dan kita jadikan sebagai daya tarik pengunjung untuk berwisata ke Aceh Selatan,”katanya.

Bantaran Krueng Meukek ini dengan airnya yang deras dan bening serta pantainya yang luas selalu ramai dikunjungi pada waktu musim liburan. Selain memburu ikan jangko disini juga ada lokasi wisata Krueng Jambo Papen di Alue Merante dan juga di aliran Sungai Krueng Seng-Seng atau Bukit Mas.

“Kita menilai daerah ini sangat cocok untuk wisata keluarga sebagai lokasi pemandian dan juga dapat memburu ikan Jangko sambil memasak dilokasi setempat,”tutupnya.(*)

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?