Mewujudkan Pemilu Berkualitas, Pemkab Abdya Deklarasikan Pemilu Damai 2024

oleh -6 Dilihat

SIGUPAINEWS.COM|ABDYA – Sebagai upaya untuk menciptakan Pemilu yang aman dan bermartabat, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) menggelar Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024, yang berlangsung di halaman kantor Bupati setempat. Selasa (2/1/2024).

Acara deklarasi damai ini melibatkan berbagai pihak, antara lain Forkopimda, KIP, Bawaslu, Kepala Desa, Ketua Partai Politik peserta Pemilu, Forum Kemitraan Bakesbangpol, serta Ormas Keagamaan di Kabupaten Abdya.

Dalam pelaksanaannya, komitmen deklarasi damai ini diwujudkan dalam bentuk penandatanganan deklarasi pemilu damai yang dimulai oleh para Ketua Parpol, Pj Bupati Abdya H Darmansah, Kapolres AKBP Dhani Catra Nugraha, Kejari Abdya Heru Widjatmiko, Dandim 0110 Abdya Letkol Inf Roqic Hariadi, Ketua DPRK Abdya Nurdianto, Ketua KIP, Ketua Bawaslu dan lainya.

Baca juga

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Abdya H Darmansah S.Pd.MM., dalam pidatonya menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta Apel yang telah turut serta untuk mengikuti ikrar dan Penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 pada hari ini.

“Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen kita sebagai masyarakat Aceh Barat Daya dalam rangka menciptakan penyelenggaran pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah yang netral, objektif dan akuntabel,” katanya

Selanjutnya, Ia juga menyampaikan untuk membangun sinergitas, meningkatkan efektivitas dan efisiensi pemerintah daerah dalam pembinaan dan penegakan kedisiplinan dalam hal menjaga netralitas pelaksanaan pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah.

“Oleh karena itu, mari kita saling bekerja sama sehingga pemilu 2024 dapat menjadi bukti bahwa masyarakat telah semakin cerdas dalam berpolitik. Sekaligus menjadi perayaan atas kedewasaan kita terhadap nilai keanekaragaman, pengakuan dan jaminan atas tegaknya keadilan serta pengetahuan ilmu yang maju. Kami yakin, kita semua yang hadir disini sepakat bahwa pemilu damai adalah sebuah kerja besar yang membutuhkan partisipasi dari seluruh elemen bangsa, mulai dari tataran individu,” paparnya

Pemerintah sendiri Pj Bupati menyatakan telah selalu berkomitmen untuk menjaga kondusifitas dan keamanan selama pemilu. “Kita pastikan bahwa seluruh unsur yang terlibat dalam kegiatan kampanye politik dapat menjalankan perannya dengan tanpa merendahkan harga diri dan martabat setiap pihak, termasuk lawan politik,”

“Untuk dapat menjalankan tanggungjawab tersebut, tentunya diperlukan kerja sama dan kekompakan kita semua dalam membangun kesadaran dan komitmen yang tinggi untuk menjaga serta melaksanakannya dalam pranata kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, guna menjamin tegaknya NKRI yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 serta menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika. Kami berharap melalui momentum Apel dan Ikrar deklarasi pemilu damai ini dapat menjadikan kita sebagai masyarakat yang saling menghargai serta saling menghormati satu dengan lainnya,” tambahnya.

Terakhir dalam sambutan Pj Bupati Darmansah mengajak alim ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat serta para pemuda dalam Kabupaten Aceh Barat Daya, untuk bersama-sama saling menjaga kedamaian di Bumoe Breuh Sigupai yang di cintai ini.

Dari pantau media ini pada acara tersebut Pj Bupati Abdya bersama dengan Kapolres Abdya, Kejari Abdya, Dandim 0110 Abdya, Ketua DPRK, Ketua KIP, Ketua Bawaslu, Ketua MPU, Ketua Makamah Syari’ah, dan Para Ketua Para Ketua Parpol melakukan Pelepasan Burung merpati sebagai bentuk sebuah kedamaian. Kemudian Selanjutnya Ketua KIP Abdya Juga menyerahkan SK Limas Kepada PJ Bupati Abdya. Di Penghujung acara juga menggelar simulasi Pemungutan serta Penghitungan Suara Pemilu Tahun 2024 .(*)

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?