Obat Covid-19 Diborong WHO, Tujuannya Untuk Apa?

-4 Dilihat

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dilaporkan berencana membeli pil obat Covid-19 yang baru -baru ini dibuat dan di kembangkan oleh Merck. Badan PBB itu disebut-sebut akan membelinya seharga USD 10 (Rp. 140.000) per pil. Langkah ini untuk memastikan negara-negara miskin mendapat akses yang adil, mulai dari vaksin hingga obat antivirus.

Sebagaimana diwartakan Reuters, hal ini terbongkar dari sebuah dokumen yang menguraikan tujuan access to Covid-19 Tools Accelerator (ACT-A) hingga September tahun depan. Obat bernama Molnupiravir itu rencananya akan disalurkan untuk mengobati 120 juta pasien secara global.

“Dokumen ACT-A mengharapkan untuk membayar US$ 10 dolar per pil untuk antivirus oral baru untuk pasien ringan/sedang”, tulis dokumen itu dikutip Selasa (19/10/2021).

Baca juga

Harga sendiri cukup rendah dibandingkan dengan US$ 700 per pil (Rp. 9,8 juta) yang telah disetujui Amerika Serikat (AS). Negeri Paman Sam disebut telah membayar 1,7 juta pil perawatan.

Namun sesuai dengan penelitian yang di lakukan oleh Universitas Harvard memperkirakan bahwa molnupiravir dapat berharga sekitar US$ 20 (Rp. 280 ribu) jika diproduksi oleh pembuat obat generik. Bila produksi dioptimalkan, harga tersebut bahkan yang berpotensi turun menjadi US$ 7,7 (Rp. 108 ribu). Sejauh ini Merck memiliki kesepakatan lisensi dengan delapan pembuat obat generik India.

Molnupiravir diketahui efektif memangkas tingkat rawat inap dan kematian hingga 50% dalam uji coba terbaru. Klaim tersebut telah dipuji oleh para ahli sebagai salah satu terobosan potensial tentang bagaimana virus corona kini dapat di obati.

Meski belum mendapatkan izin edar, banyak negara sudah mulai mengamankan pasokan obat ini untuk penanganan pandemi. Rata- rata merupakan negara tetangga dan juga negara cukup dekat dengan RI seperti Singapura, Malaysia, Australia, dan Thailand.

Sumber: cnbc.com

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?