Pandangan Said Syamsul Bahri, Teluk Surin Ibarat Orang yang Bercadar

oleh -146 Dilihat
Foto : Haji Said Syamsul Bahri, Seorang Pengusaha di Kabupaten Aceh Barat Daya.

SIGUPAINEWS.COM|ABDYA – Wacana pembangunan Pelabuhan Internasional Teluk Surin di Desa Kuala Tuha, Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), menuai respon positif dari berbagai pihak, seperti tokoh masyarakat, politikus, bahkan pengusaha pun ikut membuka suara.

Kabar tentang pembangunan pelabuhan itu kembali mencuat. Hadirnya calon investor asal Arab Saudi pada Rabu 26 Juni 2023 lalu pun mendapat berbagai macam komentar. Tak ayal, selain mendapat respon baik, sebagian _netizen_ lainnya juga menganggap hal tersebut hanya untuk kepentingan semata.

Namun, komentar kritik negatif yang dilontarkan sejumlah pihak tidak berlaku bagi Haji Said Syamsul Bahri. Seorang pengusaha di Kabupaten Abdya tersebut memiliki pandangan ke arah kemajuan daerah. Menurutnya, jika pelabuhan itu terbangun, maka daerah akan maju dan masyarakat akan lebih sejahtera serta dapat menihilkan angka kemiskinan.

Baca juga

“Saya pribadi menyambut baik dan mendukung wacana pembangunan Pelabuhan Teluk Surin. Kawasan ini sangat layak dibangun pelabuhan bertaraf internasional, guna untuk mendukung peningkatan ekonomi masyarakat dan daerah,” kata Said Syamsul, Jum’at (28/7/2023) kemarin.

Jika diibaratkan, tambahnya, Teluk Surin bagaikan seorang yang bercadar serta terjaga kehormatannya. Dengan datangnya calon investor asal Timur Tengah itu untuk menjajaki kawasan itu, maka diharapkan dapat membuka mata dunia baik pemerintah, swasta dan institusi lain untuk menjadikan daerah tersebut menjadi pelabuhan internasional.

Sebagaimana diketahui, Teluk Surin terletak di bibir pantai barat selatan Aceh dan langsung berhadapan dengan Samudra Hindia. Dengan memiliki lokasi yang strategis dan didukung faktor alam, maka sangat dimungkinkan bahwa jika pelabuhan tersebut terbangun daerah akan mudah berkembang dan berkemajuan.

“Teluk Surin masa depan Kabupaten Abdya. Hanya di Teluk Surin lokasi yang memungkinkan untuk dibangun pelabuhan bertaraf internasional, karena faktor alam yang mendukung seperti kedalaman, ombak bahkan lokasi lahan yang tersedia,” katanya.

Mantan ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Abdya itu menuturkan, terwujudnya pembangunan pelabuhan tersebut dibutuhkan dukungan semua pihak, bahkan eksekutif dan legislatif serta masyarakat harusnya bekerja sama serta melakukan lobi-lobi agar wacana pembangunan Pelabuhan Teluk Surin berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

“Memang untuk mendapatkan sesuatu yang spesial dibutuhkan perjuangan yang ekstra, namun jika kita bersungguh-sungguh pasti kita bisa mendapatkannya. Saya sangat yakin nantinya pembangunan ini akan terlaksana. Dibutuhkan dukungan dan kerja sama kita semua,” imbuhnya.

Dalam kilas balik dihadapan sejumlah awak media, Said Syamsul menceritakan bahwa Kabupaten Abdya pernah memiliki pelabuhan berskala nasional, yaitu Pelabuhan Samudra atau yang dikenal sekarang Pelabuhan Susoh. Pelabuhan ini pun berlokasi tidak jauh dari kawasan Teluk Surin.

Oleh sebabnya, Kabupaten Abdya yang dimekarkan dari Kabupaten Aceh Selatan itu pernah termasyur dengan sebutan kota dagang. Pasalnya pada waktu itu, banyak pendatang dari daerah, provinsi bahkan negara lain mencari cuan dengan cara berniaga di kabupaten bertuan tanah Teungku Peukan itu.

Bahkan menurutnya, penggalan lirik syair dalam lagu daerah berjudul Aceh Selatan karya Syahloetan yang menyebutkan ‘Naksu mita peng jak u Blangpidie, naksu meutani u Geunang Jaya’ (Red: mau mencari uang pergi ke Blangpidie, mau bertani ke Geunang Jaya) itu merupakan salah satu bukti bahwa Kabupaten Abdya pernah berjaya di masanya.

“Potensi daerah yang kaya ini harus benar-benar bisa kita manfaatkan dengan baik. Mudah-mudahan saja wacana pembangunan Pelabuhan Teluk Surin dapat terwujud, sehingga sebutan kota dagang yang telah tersemat dapat kembali berjaya,” pungkas Said Syamsul Bahri. (*)

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?