Panwascam Kuala Batee Buka Rekrutmen Panwaslu Desa (PKD), Ini Syaratnya

-86 Dilihat
Rekrutmen Pengawas Desa Kuala Batee

SIGUPAINEWS.COM|ABDYA – Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Kuala Batee membuka pendaftaran Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) untuk 21 desa (gampong) yang ada di Kecamatan Kuala Batee, Aceh Barat Daya (Abdya).

Pendaftaran dan penerimaan berkas calon PKD dibuka mulai tanggal 14-19 Januari 2023.

Ketua Panwascam Kuala Batee, Akmal, mengatakan bahwa rekrutmen Panwaslu Kelurahan/Desa ini dilakukan sesuai dengan Keputusan Ketua Bawaslu RI dengan nomor 5/KP.01/K1/01/2023 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa untuk Pemilihan Umum Serentak tahun 2024.

Baca juga

“Pembentukan Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) dalam rangka pengawasan tahapan penyelenggaraan Pemilu serentak 2024,” katanya, Jumat, (13/01/2023).

Akmal melanjutkan, saat ini tahapan rekrutmen anggota PKD sudah mulai dilakukan oleh jajaran Panwascam Kuala Batee mulai dari melakukan sosialisasi hingga penempelan pengumuman di kantor desa se-Kecamatan Kuala Batee, serta di tempat keramaian seperti tempat pelayanan publik dan juga warung kopi.

“Termasuk juga melalui media massa. Ini sebagai bentuk keterbukaan informasi agar setiap masyarakat khususnya warga Kuala Batee yang memenuhi persyaratan bisa mendaftarkan dirinya,” terangnya.

Akmal yang turut didampingi oleh dua komisioner lainnya, Bustami dan Miswar, juga menerangkan, rekrutmen PKD ini juga dilakukan oleh Panwascam di sembilan kecamatan lainnya di Abdya.

Bagi masyarakat diluar Kecamatan Kuala Batee yang ingin mendaftarkan dirinya bisa mendatangi kantor Sekretariat Panwascam masing-masing.

“Jumlah Panwaslu Kelurahan/Desa yang dipilih setiap gampong hanya satu orang, untuk Kuala Batee total 21 orang,” paparnya.

Panwascam Kuala Batee memasang spanduk rekrutmen PKD, Jumat (13/01/2023). Foto SIGUPAINEWS.COM.

Syarat Calon PKD Kuala Batee 

Sementara itu, tambah Akmal, syarat yang harus dilengkapi bakal calon peserta PKD yang hendak mendaftarkan diri diantaranya harus memenuhi administrasi seperti berusia minimal 21 tahun saat mendaftar, berdomisili di Kecamatan Kuala Batee, minimal pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat, dan menyampaikan surat lamaran yang ditujukan ke Panwascam Kuala Batee.

Selanjutnya, pas foto 4×6 sebanyak 3 lembar berlatar merah, surat keterangan sehat dari rumah sakit atau puskesmas, fotokopi KTP, fotokopi ijazah yang berlegalisir, daftar riwayat hidup, dan membuat surat pernyataan.

“Untuk surat lamaran, surat pernyataan dan daftar riwayat hidup telah kami sediakan dan tinggal diisi oleh pelamar,” kata Akmal.

Selain itu berkas tersebut bisa juga diambil di kantor Panwascam Kuala Batee atau dapat di unduh di  website Panwaslih kabupaten Abdya dengan mengujungi linknya https://acehbaratdaya.bawaslu.go.id atau klik disini.

“Di media sosial Panwascam Kuala Batee juga bisa diunduh berkas tersebut, sehingga tidak perlu repot-repot membuatnya, ini sebagai upaya memudahkan para pelamar dalam mendaftar. Pendaftaran ini gratis tanpa dipungut biaya apapun,” pungkasnya. (*)