Panwaslih Abdya Rekrut Panwascam di Sembilan Kecamatan

oleh -0 Dilihat
oleh
Sekretariat Panwaslih Abdya, Haris Firmansyah (Foto Dok Panwaslih Abdya)

SIGUPAINEWS.com | ABDYA – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslih) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Provinsi Aceh, saat ini sedang melakukan tahapan Rekrutmen membentuk Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) untuk 9 Kecamatan dalam wilayah kabupaten setempat.

Pembentukan Panwascam merupakan amanat dari UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Dimana dalam Undang-Undang disebutkan Panwascam merupakan salah satu elemen penting dalam penyelenggaraan pemilu yang bersifat Ad-Hoc.

Ketua Panwaslih Kabupaten Abdya, Ilman Saputra melalui Koordinator Sekretariat Panwaslih Abdya, Haris Firmansyah mengatakan, sesuai dengan pedoman pelaksanaan pembentukan Panwaslu Kecamatan, untuk Pemilu 2024 dari Bawaslu RI bahwa, pendaftaran telah dimulai sejak tanggal 21 sampai dengan 27 September 2022, di Sekretariat Panwaslih Kabupaten. Itu artinya, batas waktu pendaftaran Calon Panwascam telah ditutup dan berahir pada hari ini.

Baca juga

“Benar, tadi jam 17:00 Wib batas penerimaan berkas calon Panwascam diterima oleh panitia,” kata Haris Firmansyah, Selasa malam (27/09/2022).

Meski untuk Kabupaten Abdya hanya dibutuhkan sebanyak 27 orang Panwascam, dengan masing-masing Kecamatan hanya memerlukan sebanyak 3 orang. Namun samapai hari penutupan pendaftaran, tercatat ratusan orang yang telah mendaftar.

“Ada 313 orang yang mendaftar untuk menjadi Pengawas Pemilu Kecamatan. 197 orang merupakan Laki-laki, sementara itu perempuan berjumlah 116 orang,” ungkap Haris.

Koordinator Sekretariat Panwaslih Abdya itu juga menyampaikan bahwa, di Abdya terpenuhi keterwakilan perempuan yang mendaftar sebagai calon Panwascam, bahkan hampir imbang dengan jumlah laki-laki. Hanya di Kecamatan Babahrot pelamar perempuan paling sedikit, yakni 3 orang.

“Tanggal 28 sampai dengan 30 September mendatang akan dilakukan penelitian berkas pendaftaran, untuk menentukan apakah berkas tersebut Memenuhi Syarat (MS) atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Untuk pengumuman lulus administrasi peserta yang telah mendaftar, bisa juga dapat dipantau terus di Web, IG, FB, Twitter @panwaslihacehbaratdaya,” pungkas Haris Firmansyah. (Fit)

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?