Pascasarjana UIN Ar- Raniry Luluskan 11 orang Doktor dan 96 Magister, 19 diantaranya Cumlaude.

oleh -0 Dilihat
oleh

BANDA ACEH, SIGUPAINEWS.COM-Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry meluluskan 107 alumni baru semester genap tahun 2022 melalui prosesi yudisium di Aula Pasca Sarjana kampus setempat, Kamis (28/07).

Lulusan yudisia tersebut terdiri dari 96 orang bergelar Magister dan 11 orang bergelar Doktor. Dengan bertambahnya 107 kedua jenjang tersebut , maka Pascasarjana UIN Ar-Raniry sampai saat ini telah menghasilkan 2.465 alumni.

Prosesi acara diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran dan diisi dengan orasi ilmiah oleh Wakil Direktur Pascasarjana Dr. Mustafa Ar, MA.

Baca juga

Dalam sambutannya ia menyampaikan selamat dan rasa bangga kepada seluruh yudisia. Mustafa mengatakan jika selama ini di kampus para mahasiswa diuji oleh dosen penguji, saat lulus dari pasca ujiannya jauh lebih berat, karena pengujinya jauh lebih banyak yaitu masyarakat.

“Mereka tidak mau tahu, apakah bapak ibu pintar atau tidak, menguasai teori atau tidak yang jelas mereka memahami bahwa bapak ibu orang cerdas karena memiliki gelar doktor atau master”, tuturnya.

Untuk menjawab tantangan tersebut ia berpesan, setelah lulus nantinya untuk selalu perdalam ilmu yg sudah diperoleh, belajar filsafat, pelajari teknologi, dan kuasai bahasa asing.

Ia juga menambahkan bahwa para lulusan nantinya tidak perlu pesimis kalau tidak mendapatkan jabatan segera, karena butuh proses.

“Tidak perlu pesismis kalau bapak-ibu tidak dapat jabatan segera, butuh waktu dua tahun untuk berproses atau dipanggil”, terangnya.

Para lulusan yudisium Pascasarjana UIN Ar-Raniry Program Magister (S2) berjumlah 96 orang dengan rincian; cumlaude 19 orang (19.7%), pujian 23 orang (28.1%), dan sangat baik berjumlah 4 orang (4.1%). Sementara Program Doktor (S3) berjumlah 11 orang dengan rincian; cumlaude 3 orang (27.2%), pujian 4 orang (36.3%), dan sangat baik 4 orang (36.3%).

Adapun para yudisia berasal sari program studi Ilmu Agama Islam 11 orang, Prodi Hukum Keluarga 9 orang, Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir 7 orang, Prodi Pendidikan Agama Islam 21 orang, Ekonomi Syariah 21 orang, Pendidikan Bahasa Arab 11 orang, dan Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam berjumlah 13 orang. (ikf)

 

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?