Peduli Lingkungan, Keuchik Lhung Asan Blangpidie Bagikan Ratusan Tempat Sampah Gratis

oleh -23 Dilihat
oleh
Foto Pembagian Tempat Sampah
Keuchik Gampong Lhung Asan, kecamatan Blangpidie, Maidi, S.Sy (Baju putih sebelah kiri), melakukan foto bersama dengan warga setelah prosesi pembagian tempat sampah, Selasa, 30/1/2024, (SIGUPAINEWS.COM/Robbi)

SIGUPAINEWS.COM|ABDYA – Dalam upaya mewujudkan lingkungan yang sehat dan bersih, Keuchik Lhung Asan, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Maidi, membagikan 200 unit tempat sampah gratis kepada warganya, Selasa, (30/1/2024).

Selain itu, pemerintah gampong Lhung Asan juga menyediakan 4 tempat sampah berukuran lebih besar yang ditempatkan di tempat-tempat fasilitas umum, seperti di Kantor Keuchik, Sekolah, Poskesdes dan di Mesjid.

“Dengan penyerahan tempat sampah tersebut kita harapkan agar warga tidak lagi membuang sampah sembarangan apa lagi jenis sampah yang susah diurai, seperti popok bayi dan plastik. Sehingga akan terwujud lingkungan yang bersih, sehat dan jauh dari sumber penyakit,” ujarnya.

Baca juga

Menurut Keuchik Maidi, tempat sampah yang dibagikan menggunakan anggaran dana desa, dengan harapan untuk memotivasi warganya dalam membatu desa menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Selain tempat sampah, pemerintah gampong Lhung Asan juga telah menganggarkan satu unit alat pengangkut sampah agar sampah tidak menumpuk dan pengangkutan sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dapat dimaksimalkan.

Keuchik Gampong Lhung Asan, kecamatan Blangpidie, Maidi, S.Sy (Baju Putih), sedang mengkoordinir prosesi pembagian tempat sampah kepada warganya, Selasa, 30/1/2024, (SIGUPAINEWS.COM/Robbi)

“Untuk mendukung program tersebut, kita juga menyediakan satu unit motor roda tiga Viar dan satu orang petugas pengangkutan,” terang alumnus fakultas Syari’ah UIN Ar-Raniry tersebut.

Mengenai izin kegiatan, Maidi mengakui sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Dan Lingkungan Hidup (Perkim-LH) Abdya.

Sementara itu, Koordinator Tenaga Pendamping Profesional (TPP) kecamatan Blangpidie, M Yusuf Is, mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Keuchik Lhung Asan, Maidi.

Menurut Yusuf, upaya terpadu mewujudkan Desa Peduli Lingkungan tidak kalah pentingnya dengan urusan ekonomi, pendidikan, kesehatan dan infrastruktur, sebagaimana terdapat dalam SDGs (Suistanable Development Goals) Desa.

“Kesadaran masyarakat juga sangat penting, apa yang dilakukan keuchik semoga akan membentuk dan menyadarkan masyarakat untuk memaknai pentingnya membuang sampah pada tempatnya,” pungkasnya.(*)

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?