Pemdes Gadang Rawa Salurkan 255 Sak Pupuk Kepada Masyarakat

oleh -0 Dilihat
oleh

ABDYA, SIGUPAINEWS.com – Pemerintah Desa Gadang, Kemukiman Rawa, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) salurkan ratusan sak pupuk untuk petani. Kegiatan tersebut dilakukan di kantor Desa setempat. pada Sabtu, (27/8/2022).

Keuchik Desa Gadang, Safaruddin Enha mengatakan, pembagian pupuk tersebut berdasarkan rumah penduduk di Desa setempat, dikarenakan 90 persen penduduk Desa Gadang merupakan mayoritas nya adalah petani.

“Ada sekitar 255 Sak pupuk yang kami bagikan hari ini kepada masyarakat, pupuk yang dibagikan adalah pupuk Phonska Plus,” sebut Keuchik Safaruddin

Baca juga

Selanjutnya dikatakan, untuk anggaran pupuk yang disalurkan hari ini merupakan pengadaan dari anggaran tahun 2022, sebayak 20 persen dari Dana Desa untuk ketahanan pangan dan juga untuk mensejahterakan petani.

“Untuk pembagian pupuk kali ini mungkin yang bisa kita bagikan hanya ke petani, setelah kami musyawarah sepakat bersama-Sama dengan aparatur, maka penyaluran dilakukan 1 (satu)  rumah satu Sak isi 25 kg, yang tentunya yang memiliki KK Desa Gadang,” ujarnya

Sementara itu, Tuha Puet Desa Gadang, Zulkifli S.Pd menyampaikan, mengenai pembagian pupuk ini merupakan salah satu dari visi dan misi Keuchik. Selanjutnya, pembagian pupuk juga merupakan program pemerintah tentang ketahanan pangan sebesar 20 persen dari Dana Desa.

Lebih lanjut, dalam hal pembagian pupuk tidak dilihat berdasarkan KK tapi berdasarkan Rumah, itu pun tidak semuanya rumah dapat, cuma rumah yang memiliki KK Desa Gadang saja. Namun hal itu nanti bisa membatu petani-petani yang ada didesa kita, dan jangan ada nantinya mafia-mafia pupuk.

“Kami informasikan jangan ada mafia-mafia pupuk disini dengan cara mengumpulkan pupuk lalu dijual keluar, itu jelas melanggar peraturan yang telah di tetapkan di Desa,” tuturnya.

“Pupuk boleh dijual tapi untuk petani-petani yang ada di desa kita, Karna ini sudah menjadi keputusan desa maka Mari Sama-Sama kita mendukung sesuai dengan aturannya,” pungkasnya.

Keuchik Desa Gadang, Tuha Peut, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan sejumlah aparatur desa lainnya

Kegiatan tersebut juga di hadiri oleh, Keuchik Desa Gadang, Tuha Peut, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan sejumlah aparatur desa lainnya. (ft)

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?