Pemdes Geulumpang Payong Gelar Musyawarah Desa Khusus Bantuan BLT-DD Ekstrim TA 2024

oleh -6 Dilihat

SIGUPAAINEWS.COM|ABDYA – Pemerintah Desa Geulumpang Payong menggelar Musyawarah Desa Khusus (MUSDESUS) untuk membahas dan menetapkan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Ekstrim Tahun Anggaran 2024.

Musyawarah tersebut dihadiri oleh kepala desa Keuchik Khairuddin, perangkat desa, Pendamping Kabupaten, Pendamping Kecamatan, Pendamping PKH, Ketua Tuha Peut dan Tuha Lapan, serta lainnya, yang berlangsung di kantor desa setempat. Senin (20/1/2024).

Dalam musyawarah tersebut, Keuchik Khairuddin menjelaskan bahwa syarat penerima BLT-DD Ekstrim adalah KPM yang tidak tersentuh oleh bantuan dari kementerian seperti bansos PKH. Selain itu, tidak ada lebih dari satu KPM dalam satu KK dan bukan aparatur desa, dan juga Permendesa nomor 13 tahun 2023 tentang Petunjuk Operasional atas Fokus Penggunaan Dana Desa Tahun 2024.

Baca juga

“Kemudian dalam satu KK penerima tidak bisa lebih dari satu. Dan juga bukan aparatur desa,” ujarnya.

Keuchik Khairuddin juga mengatakan bahwa jumlah masyarakat yang akan mendapatkan BLT-DD Ekstrim tahun 2024 adalah 18 orang. Jumlah ini ditentukan berdasarkan kalkulasi dari anggaran dana desa dan hasil musyawarah sebelumnya yang hanya berjumlah 20 orang.

“Musyawarah ini merupakan salah satu upaya pemerintah desa untuk membantu masyarakat desa melalui penggunaan dana desa secara efektif dan efisien,” katanya.

Keuchik Khairuddin juga mengingatkan masyarakat yang sudah terdaftar sebagai penerima bantuan PKH agar bersabar dan tidak iba hati jika tidak menerima BLT-DD Ekstrim.

“Saya harap bagi masyarakat yang sudah terdaftar sebagai penerima bantuan PKH agar bersabar, dan jangan iba hati tidak menerima BLT-DD Ekstrim,” tutupnya.

Perlu diketahui ada 5 syarat atau kriteria penerima BLT DD Ekstrim dimaksud, yakni sebagai berikut:

1. Keluarga miskin atau rentan miskin atau tidak mampu dan termasuk kategori miskin ekstrem dengan penghasilan Rp 20 ribu per hari.

2. Keluarga yang kehilangan mata pencaharian alias pengangguran.

3. Ada diantara anggota keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis.

4. Dari keluarga miskin yang tak lagi dapat bantuan lain bersumber dari APBD atau APBN.

5. Rumah tangga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia.

Itulah lima syarat atau kriteria penerima manfaat BLT DD atau BLT Kemiskinan Ekstrem sesuai Permendesa nomor 13 tahun 2023.(*)

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?