Pemkab Abdya Minta Keberadaan Mukim Perlu Dijaga dan Dikembangkan

oleh -110 Dilihat
Sekretaris Daerah Aceh Barat Daya (Sekda Abdya) Salman Alfarisi ST. Hadiri Acara lokakarya penguatan pemerintahan mukim kabupaten setempat, di Aula Arena Motel, Kamis 8 Juni 2023 (Foto : SIGUPAINEWS.COM/Fitria Maisir)

SIGUPAINEWS.COM|ABDYA – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Pemkab Abdya) menghadiri acara Lokakarya Penguatan Pemerintah Mukim yang berada di Kabupaten berjuluk Bumoe Beureh Sigupai.

Acara Lokakarya Penguatan Pemerintah Mukim tersebut diselenggarakan oleh Forum Imum Mukim (FIM) Aceh Barat Daya yang berlangsung di Aula Arena Motel Desa Kuta Tuha, Kecamatan Blangpidie. Kamis (8/6/2023).

“Kita akui bahwa keberadaan Imum Mukim selama ini telah cukup memberikan kontribusi dan berjasa dalam rangka membina kehidupan masyarakat di gampong, sehingga perannya tidak dapat diabaikan begitu saja baik dalam bidang politik, ekonomi, sosial budaya maupun pertahanan keamanan,” Kata Sekretaris Daerah (Sekda) Abdya Salman Alfarisi ST, yang mewakili kata sambutan dari Pj Bupati Abdya H Darmansah, S.Pd.MM.

Baca juga

Selanjutnya Sekda Abdya mengatakan keberadaan mukim perlu dijaga dan dikembangkan dengan memberi kedudukan, fungsi dan peranan yang sesuai dengan pembangunan nasional, dan tuntutan perkembangan, pertumbuhan, kemudian Imum Mukim bukan saja harus mampu berperan aktif dalam mengendalikan jalannya roda dalam Pemerintahan Gampong, tetapi juga memelihara ketertiban, kerukunan, ketentraman dan pembangunan masyarakat.

“Terlebih lagi peran dalam pelaksanaan Syari’at Islam, memelihara, menjaga, menerapkan dan membela, memberlakukan adat istiadat serta hukum adat dalam masyarakat kita masih sangat sakral, sehingga peran mukim menjadi sangat strategis di sini,” ucap Salman

Kenyataan tersebut, Salman berujar eksistensi Imum Mukim sebagai kesatuan masyarakat hukum yang telah tumbuh dan berakar dalam kehidupan masyarakat Aceh perlu dipertahankan, dibina, dilestarikan dan diperkuat kembali sehingga lembaga Imum Mukim tetap akan utuh, tangguh dan tanggap dalam mengikuti perkembangan pembangunan ke depan.

“Oleh karena itu kami sangat menyambut baik terselenggaranya Lokakarya Penguatan Pemerintahan Mukim Abdya pada hari ini, karena dengan adanya kegiatan ini kita dapat duduk bersama membicarakan berbagai persoalan dan hambatan yang selama ini dihadapi oleh imum mukim serta solusinya, sekaligus mencari hal-hal penting lainnya terkait merumuskan pemerintahan mukim agar selalu berkompeten sesuai dengan perkembangan zaman,” ucap Salman.

Kemudian Sekda Abdya Salman Alfarisi juga memohon kepada Paduka Yang Mulia Wali Nanggroe Aceh Tgk. Malik Mahmud Al Haytar agar berkenan memberikan masukan-masukan dan petunjuk terkait arah pembangunan saat ini dengan saran petunjuk dan serta masukan-masukan

“Saran dan masukan dari Paduka Yang Mulia sangat berharga bagi kami untuk menyamakan persepsi kita bersama dalam menjalankan tugas dan pengabdian guna menggapai cita-cita mewujudkan masyarakat yang aman dan sejahtera.” demikian Sambutan Pj Bupati Abdya H Darmansah yang di bacakan Oleh Sekda Abdya Salman Alfarisi.(*)