Pemkab Abdya Penetapan Tapal Batas Antar Kecamatan Bertujuan Untuk Tertib Administrasi

-3 Dilihat

SIGUPAINEWS.com | ABDYA – Tim penetapan tapal batas dari bidang Pemerintah pada Setdakab Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh, melakukan survey dan penetapan tapal batas Desa, antar Kecamatan seperti yang dilakukan pada Desa Guhang yang berdomisili dalam wilayah Kecamatan Blangpidie, yang berbatasan dengan Desa Ladang Neubok, Kecamatan Jeumpa, kabupaten setempat.

Kabag Pemerintahan pada Setdakab Abdya, Delvhan, mengatakan, penetapan tapal batas Desa antar Kecamatan itu bertujuan untuk menciptakan tertib administrasi pemerintahan di Desa.

“Tapal batas desa adalah pembatas wilayah administrasi pemerintahan baik antar desa maupun antar Kecamatan yang merupakan rangkaian titik-titik koordinat yang dituangkan dalam bentuk peta. Dan juga untuk pemenuhan revisi RTRW Abdya,”kata Delvhan, pada Kamis (15/12/2022) yang lalu

Baca juga

Delvhan menyebutkan, hal ini sesuai Permendagri Nomor 45 Tahun 2016 tentang pedoman dan penetapan batas yang memberikan kejelasan dan kepastian hukum terhadap suatu desa yang memenuhi aspek teknis dan yuridis.

“Yang kita lakukan survey itu khusus di Kecamatan Jeumpa, terhadap 7 ruas garis yang belum ada SK Bupati, yang berbatasan dengan Kecamatan Blangpidie, Susoh dan Kuala Batee,”katanya.

Menurutnya, penetuan tapal batas Desa antar Kecamatan itu guna tercapainya penetapan batas yang Sah dengan tujuan agar memiliki Peta dan tapal batas yang jelas dan dapat memberikan Kepastian hukum.

“Untuk penetapan itu, ditetapkan dengan Surat Keputusan (SK) Bupati Abdya,”tutup Delvhan. (Fit)

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?