Perang Baliho di Aceh Barat Daya, Caleg Tunjukkan Semangat Berkompetisi.

oleh -38 Dilihat
Foto : Fitria Maisir/SIGUPAINEWS.COM

SIGUPAINEWS.COM|ABDYA – Menjelang pemungutan suara 2024, semakin banyak baliho dan spanduk yang dipasang oleh para caleg di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). Caleg dari semua tingkat, dari DPRI, DPD RI, DPRA, sampai DPRK, bersaing untuk memperkenalkan diri mereka di mana-mana.

Dari pantauan media ini, ada beberapa titik baliho yang memuat foto, nama, dan nomor urut caleg dari beragam parpol terlihat memenuhi pojok-pojok jalan, gedung, pohon dan sebagainya. Minggu (10/12/2023).

Ini menunjukkan besarnya semangat persaingan di antara caleg yang mengharapkan dukungan dari masyarakat.

Baca juga

Akan tetapi, pemasangan baliho harus mengikuti aturan. Ada ketentuan yang ditetapkan oleh KPU dan Bawaslu.

Salah satu ketentuan tersebut adalah larangan memasang baliho di tempat ibadah, sekolah, rumah sakit, dan fasilitas umum lainnya.

Baliho juga tidak boleh mengganggu lalu lintas, merusak lingkungan, atau menimbulkan konflik antara caleg dan masyarakat.

Masyarakat mengharapkan Bawaslu Abdya, dan pihak terkait lainnya dapat mengawasi dan menindak baliho caleg yang melanggar aturan

“Seperti ketentuan Pasal 36 ayat (3) Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2023 Tentang Kampanye Pemilihan Umum sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 20 Tahun 2023 Tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2023 Tentang Kampanye Pemilihan Umum,” sebutnya.(*)

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?