Peringati Syahid Nya Teuku Umar, Bupati Aceh Barat Ajak Warga Tauladani Semangat Perjuangan Pahlawan

-1 Dilihat

ACEH BARAT, SIGUPAINEWS.com – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dalam rangka upacara peringatan syahidnya Teuku Umar Johan Pahlawan yang ke-123 di tahun 2022.

Upacara yang dilaksanakan di komplek Makam Teuku Umar Mugo Rayeuk Kecamatan Panton Reu Kabupaten Aceh Barat, pada Minggu (13-02-2022).

Upacara yang dipimpin langsung Bupati Aceh Barat H. Ramli MS itu merupakan acara puncak dari serangkaian kegiatan yang sebelumnya telah lebih dulu dilaksanakan, seperti Malam renungan suci, napak tilas, serta pengajian, dan doa bersama, dalam mengenang kembali perjuangan para syuhada yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan di masa lampau.

Baca juga

“Peringatan syahidnya Teuku Umar Johan Pahlawan merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Pemkab Aceh Barat setiap tahunnya” ujar Ramli MS usai memimpin Upacara.

Kegiatan ini, kata dia, bertujuan untuk mengingatkan kembali generasi saat ini tentang pentingnya menanamkan serta mengamalkan nilai-nilai perjuangan dalam kehidupan seperti yang dilakukan oleh para pahlawan terdahulu ucapnya

Ia mengatakan sebagai generasi penerus Bangsa, jangan sampai kita melupakan sejarah perjuangan. Apalagi di tengah era modern saat ini, sangat penting untuk meneladani semangat perjuangan para pahlawan, sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara tuturnya.

“Para pahlawan sudah berjuang dan mengorbankan seluruh jiwa dan raganya untuk meraih kemerdekaan dari tangan penjajah. Untuk itu, sudah sepatutnya bagi kita untuk mengisi kemerdekaan ini dengan sebaik mungkin” ujar Ramli MS

Ramli MS berharap perjuangan yang dilakukan oleh para pahlawan terdahulu bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda dalam membangun Aceh Barat ini serta mewujudkan cita-cita Bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur. pungkasnya.

Usai pelaksanaan upacara, prosesi peringatan syahidnya Teuku Umar dilanjutkan dengan tabur bunga pada pusara pahlawan Nasional Teuku Umar Johan Pahlawan yang di awali oleh Bupati Aceh Barat Ramli MS dan di ikuti oleh unsur pimpinan daerah serta para undangan lainnya.

Peringatan syahidnya Teuku Umar tahun iniĀ  tetap dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan. Walau demikian, pelaksanaannya tetap berlangsung dengan penuh khidmat.

Upacara peringatan syahidnya Teuku Umar tersebut turut dihadiri oleh Kasrem 012/TU, unsur Forkopimda, para asisten dan staf ahli, para Kepala SKPK, serta para tamu undangan lainnya. (Diskominsa Bid. KIP)

Sumber diambil dari Website Resmi Pemerintah Kabupaten Aceh Barat (RED).