Pj Bupati Abdya Cicipi Masakan Serba Ikan dan Menu B2SA di Lomba Masak Tingkat Kabupaten

-34 Dilihat

SIGUPAINEWS.COM|ABDYA – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh, menggelar lomba masak serba ikan dan menu beragam, bergizi, seimbang, dan aman (B2SA) tingkat Kabupaten Abdya, yang berlangsung di Kantor Camat Babahrot, Selasa (7/2/2023).

Pada kegiatan tersebut, turut di hadir Pj Bupati Abdya Darmansah, Ketua DPRK Nurdianto, Kapolres AKBP Dhani Catra Nugraha, Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi, Ketua TP-PKK, Ketua Bhayangkari, para kepala SKPK, Camat, dan serta para Ketua PKK Desa.

Penjabat (Pj) Bupati Abdya H Darmansah dalam kesempatan itu mengatakan, kegiatan lomba masak ini adalah untuk mewujudkan masyarakat yang sadar gizi, sehingga nantinya dengan gizi yang seimbang tersebut akan menjadi masyarakat yang sehat, kreatif dan inovatif.

Baca juga

“Melalui momentum lomba masak ini kami ingin mengajak kepada peserta lomba untuk mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya dan jangan hanya mengharapkan hadiah semata,” ucap H Darmansah.

Selain itu, Pj Bupati H Darmansah menghimbau agar setelah selesai mengikuti lomba ini, para peserta dapat menindaklanjuti dan menyampaikannya kepada masyarakat tentang jenis makanan yang bergizi dan aman untuk dikonsumsi, sehingga masyarakat mengetahui makanan yang sehat dan bergizi itu tidak harus selalu mahal dan mewah, tetapi juga bisa di peroleh dari pangan berbasis lokal yang ada dilingkungan masing-masing.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta bagian dari kampanye kita untuk menggugah hati masyarakat, terutama ibu-ibu rumah tangga agar memprioritaskan ikan sebagai menu utama serta merubah pola konsumsi pangan menuju pola makan sehat yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman,” kata H Darmansah.

Masih kata H Darmansah, kegiatan lomba ini juga memiliki arti penting dalam meningkatkan peran serta Tim Penggerak PKK, agar bisa lebih kreatif menciptakan menu berbahan dasar ikan yang asupan gizi dan proteinnya sangat berguna bagi kesehatan semua anggota keluarga, terutama bagi anak-anak dan ibu hamil.

“Makanan yang kita konsumsi setiap hari menyediakan bahan baku dan energi untuk pergerakan sistem didalam tubuh yang sangat kompleks bagi pertumbuhan, perbaikan, dan regenerasi sel-sel setiap saat. Oleh karena itu, agar tetap sehat, kita perlu mengkonsumsi berbagai macam makanan yang bergizi seimbang dan aman bagi tubuh,” jelas Darmansah.

Selanjutnya, Kata Darmansah, lomba ini juga merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting untuk di promosikan kepada masyarakat. Hal itu sesuai dengan tema yang diangkat yaitu, “Ikan untuk Generasi Tangguh dan Unggul Menuju Generasi Bebas Stunting”.

Terlebih, sebut Darmansah, selama ini citra makanan alami dan sehat seolah tenggelam dan kalah bersaing dengan makanan modern dan cepat saji (Fast Foods) yang belum tentu sehat.

“Untuk itu, dengan terlaksananya kegiatan ini kita berharap, makanan alami dan sehat yang beragam, bergizi seimbang dan aman serta bercita rasa lezat dapat kita galakkan kembali,” pungkas  Pj Bupati Abdya H Darmansah. (*)