Pj Bupati Abdya Himbau ASN dan Guru Netral di Pileg 2024

oleh -80 Dilihat
Pj Bupati Aceh Barat Daya di Acara Pelantikan 121 orang Guru Fungsional di Aula Disdikbud Abdya. Jum'at 1 Desember 2023. (Foto : Fitria Maisir/SIGUPAINEWS.COM)

SIGUPAINEWS.COM|ABDYA – Menjelang pemilihan legislatif (pileg) 2024, Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) H Darmansah S.Pd.MM., mengingatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerahnya, terutama guru-guru, untuk tidak terlibat dalam politik praktis. Ia mengatakan, ASN harus menjaga netralitas dan profesionalisme dalam menjalankan tugasnya sebagai pelayan masyarakat.

Pernyataan itu disampaikan PJ Bupati saat melantik 121 Guru Fungsional di Aula Dinas Pendidikan Abdya, Jum’at (1/12/2023). Acara tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Abdya, Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), dan Kepala Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) terkait.

Pj Bupati menekankan, ASN dilarang keras melakukan kegiatan yang menunjukkan dukungan atau simpati kepada calon legislatif (caleg) tertentu, seperti memposting foto bersama caleg di media sosial atau menghadiri kampanye politik. Hal itu dianggap sebagai pelanggaran terhadap aturan netralitas ASN yang dapat merusak citra dan integritas ASN.

Baca juga

“Kita memiliki hak untuk memilih siapapun yang terbaik bagi kita, tapi kita harus bersikap netral dalam menanggapi politik. Jangan sekali-kali kita memposting foto dengan caleg di media sosial dan sebagainya. Hal itu dapat merusak citra kita sebagai ASN dan melanggar aturan yang berlaku. Jika ada ASN yang terbukti melanggar netralitas, maka akan ada sanksi tegas yang menanti,” tegas Pj Bupati.

Selanjutnya, Ia berharap, ASN dan guru di Abdya dapat menjaga profesionalisme dan kinerja mereka dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya dalam bidang pendidikan. Ia juga mengucapkan selamat kepada para guru yang baru dilantik dan berpesan agar mereka dapat meningkatkan kualitas dan kompetensi mereka sebagai pendidik.

“Saya ucapkan selamat kepada para guru yang baru dilantik. Semoga dengan pelantikan ini, Anda dapat lebih berdedikasi dan berinovasi dalam mengajar. Guru adalah ujung tombak dalam mencerdaskan anak bangsa. Oleh karena itu, saya harap Anda dapat terus meningkatkan kualitas dan kompetensi Anda sebagai guru,” pungkasnya.(*)

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?