Pj Bupati Abdya Menggelar Rapat Terkait Masalah Lahan untuk Korban Konflik

-2 Dilihat

SIGUPAINEWS.com | ABDYA – Terkait persoalan lahan untuk mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM), korban konflik, tapol, dan napol, yang belum terealisasi sebagaimana disampaikan Anggota Komite Peralihan Aceh (KPA) wilayah 013 Blangpidie saat beraudiensi dengan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Abdya, pada Jumat (23/9) lalu, direspon cepat Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh

Pj Bupati H Darmansah S. Pd. MM langsung melakukan rapat dengan pihak terkait. Rapat yang berlangsung di Pendopo Bupati setempat, pada Senin (26/09/2022)

“Persoalan lahan untuk mantan kombatan GAM dan korban konflik, napol, tapol, saya berharap bisa tuntas selama saya menjabat sebagai Pj Bupati Abdya,” harap Darmansah

Baca juga

Selanjutnya, Darmansah sangat berharap kerja sama pihak terkait dalam menuntaskan persoalan lahan untuk mantan korban konflik tersebut.

“Solusi ini kita lakukan dengan sunguh – sungguh dengan ikhlas dengan rentan waktu yang tak terlalu lama. Sebab dalam hal ini banyak hal yang bisa kita lakukan bersama-sama,” ungkap Darmansah.

Namum dalam rapat tersebut terungkap, bahwa saat ini ada lahan seluas 4.000 hektar yang sudah diajukan izin garap ke Kementerian oleh salah satu kelompok/LSM di Desa Alue Jerjak, Kecamatan Babahrot.

Jumlah tersebut menurut yang terungkap dalam rapat tersebut sangatlah luas untuk kelompok tingkat Desa dan sangat pantas jika dibagi dua untuk lahan mantan kombatan dan korban konflik.

“Jadi kita fokus di lahan 4.000 hektar tersebut, karena menurut saya lahan untuk kombatan dan korban konflik solusinya hanya ada di Alue Jerjak itu,” ungkap Darmansah

“Dalam waktu dekat kita akan duduk kembali dengan perangkat Desa dan kelompok yang mengajukan izin garap ke kementerian tersebut,” kata Darmansah lagi.

Pada rapat tersebut, Ketua Komisi A DPRK Abdya, Sardiman alias Tgk Panyang mengatakan bahwa pihaknya ingin melihat keseriusan Pemerintah, sehingga persoalan lahan untuk kombatan ini tidak menjadi persoalan rutinitas.

“Jadi dibawah kepemimpinan Pak Pj Bupati Darmansah kami optimis sekali persoalan ini akan ada solusinya,” ungkap anggota DPRK dari Partai Aceh ini.

Pada rapat itu ikut dihadiri Sekda Abdya, Salman Alfarisi ST, Wakil Ketua DPRK Abdya, Hendra Fadli SH, Ketua Komisi A DPRK Abdya, Sardiman, Ketua KPA Wilayah 013 Blangpidie, Tgk Abdurrahman. Selain itu juga hadir Wakapolres Abdya, Kompol Muhayat Effendie SH MH, Kasdim Abdya, Kepala Dinas Pertanahan Abdya Rizal, Kepala Bagian Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Wilayah Blangpidie, mantan Ketua DPRK Abdya, Zaman Akli dan unsur terkait lainnya.(Fit)

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?