Pj Bupati Abdya Menghadiri Maulid Nabi Muhammad S.A.W di Kemukiman Kuta Tinggi

oleh -6 Dilihat
oleh

SIGUPAINEWS.com | ABDYA – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh, H. Darmansah, S.Pd, MM., menghadiri Maulid Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wassalam di empat Desa dalam kabupaten setempat. pada Sabtu (8/10/2022)

Pada kesempatan itu Pj Bupati Darmansah mengingatkan pentingnya meneladani sifat Rasulullah. Menurutnya, memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad juga salah bentuk kecintaan kepada baginda Rasulullah Muhammad Shalallahu alaihi wasallam.

“Rasulallah telah memberikan contoh tauladan kepada kita selaku umatnya. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk selalu meneladaninya,” ucap Darmansah.

Baca juga

Sifat-sifat yang dicontohkan Rasulullah, kata Darmansah, diantaranya siddiq, amanah, tabligh, dan fatanah. Selain itu, tambahnya, yang paling penting lagi adalah akhlak mulia Nabi Muhammad sebagai teladan bagi umat manusia.

“Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan yang banyak mengingat Allah,” ujar Darmansah mengutip QS. Al Ahzab: 21.

Rasulullah, tambah Darmansah, juga terkenal dengan keikhlasannya, terutama dalam beribadah.

“Sebagai umat Islam, sudah sepatutnya mencontoh keikhlasan yang dilakukan oleh Rasulullah,” ujarnya.

Kemudian, lanjutnya, yakin dan tawakal. Akhlak Rasulullah yang patut dicontoh setiap umat Islam dalam menjalankan segala urusan. Baik urusan agama maupun urusan dunia.

“Nabi Muhammad juga memiliki sifat shidiq (jujur). Kejujuran beliau sudah diasah sejak kecil, saat ikut berdagang bersama pamannya, Abu Thalib. Kejujuran adalah salah satu bukti keimanan seseorang. Kejujuran akan mengantarkan hidup menuju ketenangan. Oleh karenanya, peringatan maulid ini tidak hanya sebatas seremonial semata, namun bagaimana sifat-sifat Rasulullah kita tanamkan di hati kita masing-masing,” sebutnya.

Selain itu, sambung Darmansah, Rasulullah juga memiliki sifat amanah. Amanah adalah akhlak Rasulullah yang paling menonjol. Ia dikenal sebagai sosok yang jujur dan amanah (terpercaya), baik sebelum diutus menjadi rasul maupun setelahnya. Hal itulah yang menjadikan masyarakat Arab memilih nabi untuk menjaga barang titipan mereka.

“Nabi Muhammad juga murah senyum. Beliau selalu mengeluarkan perkataan yang baik. Dalam sebuah hadits, disebutkan bahwa perkataan yang baik akan menaikkan derajat di surga.Maka orang yang memiliki senyuman hangat, berkata baik, dan selalu ceria adalah orang yang akan selalu dirindukan dan sangat dicintainya,” pungkas Darmansah.

Pada kegiatan maulid tersebut, Pj Bupati Abdya Darmansah juga bersilaturahmi dengan santri dan masyarakat di Dayah Abati Seunaloh Blangpidie, Masjid Jamal Amaliyah Palak Kerambil, Susoh, dan masyarakat di Masjid Baitul, Kiram Alue Jerjak, Babahrot.(Fit)