Pj Bupati Abdya : Pembelian Kendaraan Dinas Keuchik Tidak Boleh Gunakan DD, Tapi Boleh dengan ADG

-259 Dilihat
Pj Bupati Abdya H Darmansah. S.Pd.MM Dalam pertemuan dengan para Keuchik se-Abdya di Aula Pendopo Bupati pada Jum'at 10 Maret 2023 (Ket Foto : Fitria Maisir/Sigupainews.com)

SIGUPAINEWS.COM|ABDYA – Seluruh Keuchik (Kepala Desa) di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengadakan pertemuan dengan Penjabat (Pj) Bupati H Darmansah S.Pd.MM, mengenai pengadaan kendaraan dinas keuchik, kegiatan itu berlangsung di Aula Pendopo Bupati yang bertempat di Desa Gelumpang Payong, Kecamatan Blangpidie, Jum’at (10/3/2023).

Dalam pertemuan itu juga ikut di hadir Sekda Abdya Salman Alfarisi, ST, Kadis DPMP4 Abdya Nur Afni Muliana, S.Pd, Inspektur Inspektorat Abdya, drh. Amiruddin Adi, Kepala Badan Keuangan Abdya, Fakhruddin, S.Sos, MSi dan Kepala Pertanahan Abdya, Rizal, S.Mn

Pj Bupati H Darmansah pada kesempatan itu mengingatkan para keuchik agar tidak ada yang membeli kendaraan dinas dengan mengunakan Dana Desa (DD), karena menurutnya kalau pengunaan dari DD untuk kepentingan pengadaan kendaraan dinas berbenturan dengan aturan,

Baca juga

“Jika tetap dipaksakan atau nekat pembelian kendaraan dinas mengunakan DD maka keuchik yang bersangkutan dianggap telah melawan hukum dan risiko tanggung jawab sendiri,” ucap H Darmansah.

Kemudian Pj Bupati H Darmansah juga mengatakan, pengadaan kendaraan dinas keuchik dapat dilakukan dengan menggunakan Anggaran Dana Gampong (ADG), itupun jika telah memenuhi semua kebutuhan utama, sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) jika anggaran masih ada tersedia.

“Untuk pembelian kendaraan dinas roda dua keuchik tidak boleh menggunakan DD, tapi kalau ADG boleh. Kenapa kami membolehkan karena banyak keuchik yang meminta kepada kami,” sebut Pj Bupati H Darmansah.

Namun jika ada desa yang tidak mampu membeli kendaraan akibat minimnya ADG, kata Pj Bupati, maka disarankan desa yang lain juga tidak membelinya.

“Jika ada keuchik tidak mampu membelinya, saran saya yang lain juga jangan, itu saran saya demi kekompakan bersama,” harap H Darmansah.

Dikesempatan itu, ada sejumlah keuchik mendesak Pemkab Abdya agar secepatnya mengeluarkan Perbup Penggunaan Anggaran Dana Gampong, karena biar keuchik tidak terkendala dalam menjalankan program.

“Kami minta pada Pak Bupati agar Perbup Penggunaan Anggaran Dana Gampong bisa secepatnya diterbitkan,” pinta Keuchik Guhang, Venny Kurnia yang juga merupakan Ketua APDESI Abdya.

Dalam menyikapi harapan para Keuchik sekabupaten terkait perihal Perbup Penggunaan Anggaran Gampong, Darmansah mengatakan bahwa masih ada sejumlah item yang harus direvisi pada Perbup sehingga harus dikeluarkan Perbup terbaru dari hasil revisi tersebut.

“Perbup sebenarnya sudah siap, sudah lama siap, tapi ada item-item yang perlu direvisi, makanya harus menunggu Perbup terbaru, tapi ada item-item kegiatan yang memang sudah bisa dilaksanakan,” katanya.

Selanjutnya, Pj Bupati Abdya H Darmansah juga meninggalkan pesan kepada seluruh keuchik yang ada di Abdya, selama dirinya melaksanakan Umbroh nantinya, untuk menjaga Kabupaten Abdya dalam keadaan kondusif dan aman.

“Saya akan berangkat pada tanggal 18 Maret ini, dan saya berharap kepada seluruh keuchik saya titipkan Abdya ini untuk terus dijaga bersama-sama agar suasana di Abdya selalu dalam keadaan kondusif,” Pesan Pj Bupati Abdya H Darmansah.(*)

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?