Pj Bupati Darmansah: Kerja Keras dan Kerjasama Kunci Stabilitas Harga Pasar di Abdya

oleh -9 Dilihat

SIGUPAINEWS.COM|ABDYA – Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang dikenal dengan sebutan “Bumo Breuh Sigupai” mampu menunjukkan kinerja yang baik dalam menjaga stabilitas harga dan mencegah inflasi di pasar barang kebutuhan rumah tangga. Prestasi ini tidak lepas dari peran H Darmansah, SPd, MM yang menjabat sebagai Penjabat (Pj) Bupati Abdya sejak 14 Agustus 2022.

Data dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Abdya menunjukkan bahwa harga komoditi barang kebutuhan rumah tangga pada bulan Januari dan Februari 2024 tidak mengalami lonjakan yang berarti. Indek perubahan harga (IPH) Kabupaten Abdya tetap terkendali di angka 1,4%, yang mengindikasikan bahwa kondisi ekonomi di Abdya masih dalam situasi yang baik.

“IPH Abdya kita 1,4%, ini menandakan kita masih stabil,” ungkap Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Abdya, Amri AR, ST, pada Jumat, (1/3/2024).

Baca juga

Selanjutnya, Ia menambahkan bahwa IPH Abdya masih di bawah harga standar nasional yang ditetapkan sebesar 5%. Jika IPH melebihi angka tersebut, maka berarti terjadi inflasi.

Untuk menjaga stabilitas harga di pasar, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Abdya tidak bekerja sendiri, tetapi bekerja sama dengan semua pihak yang berkepentingan dengan kesejahteraan masyarakat.

“Kerja keras bapak bupati dan SKPK yang membuat harga tetap stabil, kita setiap bulan harus melaporkan ke pimpinan, dan penetapan kita mencapai 1,4% itu dari kementerian,” jelasnya.

Darmansah sendiri mengaku bahwa ia selalu fokus untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan barang kebutuhan pasar sejak ia memimpin Abdya. Ia dapat melakukannya dengan kerja keras dan kerjasama yang baik dengan pimpinan SKPK di lingkungan Pemkab Abdya.

“Ya, benar, itu karena kerja keras dan kerjasama selama ini, sejak saya menjadi Pj bupati Abdya saya fokus menjaga stabilitas harga pasar,” ucap Darmansah, saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) pasar bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Abdya hari ini.

Darmansah juga aktif melakukan kunjungan ke masyarakat di gampong-gampong, bertemu dengan petani dan mengunjungi pasar-pasar di Abdya.

“Saya fokus menyelesaikan masalah ini, untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan barang, saya sering bertemu dengan petani, juga pasar-pasar agar kita dapat memastikan stok barang tersedia dan harga barang stabil,” tuturnya.

Saat melakukan sidak pasar, Darmansah didampingi oleh Kapolres Abdya AKBP Agus Sulistianto, SH, SIK, Dandim 0110 Abdya Letkol Inf Beni Maradona, S Sos, Kajari Abdya Heru Widjatmiko, SH, MH, dan Kadis Pertanian dan Pangan Abdya, drh. Nasruddin, dan Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Abdya, Amri AR, ST.(*)

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?