Pj Bupati Darmansah : Pembangunan RTLH untuk Kesejahteraan Masyarakat Abdya

-7 Dilihat

SIGUPAINEWS.COM|ABDYA – Pembangunan rumah layak huni (RTLH) untuk warga kurang mampu di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) terus berlanjut. Pada Jum’at (8/12/2023) sore, Penjabat (Pj) Bupati Abdya H. Darmansah S.Pd., MM meresmikan pembangunan RTLH milik Asmadi (37), salah satu warga Desa Rukon Damee, Kecamatan Babahrot.

Acara peletakan batu pertama tersebut juga dihadiri oleh berbagai pihak, antara lain Ketua BMK Abdya, perwakilan Bank Aceh Blangpidie, Camat Babahrot, Kapolsek Babahrot, Babinsa Koramil Babahrot, Keuchik Rukon Damee, tokoh masyarakat, dan warga sekitar.

Pj Bupati Darmansah mengatakan, pembangunan RTLH ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat, khususnya yang berada di bawah garis kemiskinan. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk mencegah stunting dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan kondisi tempat tinggal.

Baca juga

“Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap warga Abdya memiliki rumah yang layak huni dan nyaman untuk ditempati. Ini demi kesejahteraan warga,” ucapnya.

Menurut Darmansah, pada tahun 2023 ini, ada 18 unit RTLH yang akan dan telah dibangun di Abdya. Sebanyak 15 unit di antaranya bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja kabupaten (APBK), sedangkan 3 unit lainnya dibangun dengan dana corporate social responsibility (CSR) dari beberapa perusahaan.

“Perusahaan yang berkontribusi dalam pembangunan RTLH melalui dana CSR adalah Bank Aceh Blangpidie, BSI Blangpidie, dan PT Mon Jambe. Mereka masing-masing membangun 1 unit rumah,” jelasnya.

Darmansah menambahkan, setiap RTLH yang dibangun dilengkapi dengan fasilitas jamban, air bersih, dan listrik. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan dasar dan menjaga kualitas hidup penghuni rumah.

“Kami berharap dengan adanya RTLH ini, warga yang mendapatkannya bisa terbebas dari kemiskinan, stunting, dan gangguan kesehatan lainnya. Karena pembangunan rumah ini bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat,” tuturnya.

Pj Bupati Abdya juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah membantu dan membangun rumah untuk kaum dhuafa. Ia berharap kerjasama ini bisa terus berlangsung dan memberikan manfaat bagi masyarakat Abdya.

Selanjutnya, Pj Bupati Darmansah bersama perwakilan Bank Aceh Syariah (BAS) Blangpidie melakukan peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan RTLH. Kegiatan ini disambut dengan antusias oleh warga penerima manfaat dan tamu lainnya.(*)

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?