Pj Gubernur Sambut Kepulangan Jemaah Haji Aceh Kloter 1 di Bandara

oleh -3 Dilihat
oleh
Ist.
Baca juga

SIGUPAINEWS.COM | BANDA ACEH – Kloter 1 Jemaah Haji Aceh mendarat dengan selamat di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Banda Aceh pada siang ini, pukul 14.40 WIB. Kedatangan mereka disambut langsung oleh Penjabat Gubernur Aceh, Forkopimda, dan Kanwil Kemenag Aceh.

“Alhamdulillah, pemberangkatan Kloter 1 berjalan sukses dan lancar. Kami doakan para jemaah haji diberikan kesehatan dan kelancaran selama menjalankan ibadahnya di Tanah Suci,” ujar Kepala Kanwil Kemenag Aceh, Azhari, Rabu 7 Juli 2024.

Azhari juga menyampaikan rasa dukacitanya atas meninggalnya 11 jemaah haji dan 1 petugas haji Embarkasi Aceh selama di Tanah Suci.

Setibanya di bandara, jemaah haji langsung diantar ke Asrama Haji Banda Aceh. Pj Gubernur Aceh direncanakan akan menyambut dan menyerahkan jemaah haji kepada petugas daerah setelah sholat Ashar.

Kepala UPT Asrama Haji Banda Aceh, Ali Amran, memastikan asrama dalam kondisi siap untuk menerima jemaah haji. Asrama juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas, termasuk ruang tunggu, ruang istirahat, dan klinik kesehatan.

Antisipasi Kesehatan dan Pembagian Zamzam

Kepala BKK Ziad, mengingatkan kepada petugas, peliput media, dan penjemput jemaah untuk selalu memakai masker saat berinteraksi dengan jemaah haji. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penularan virus dari luar negeri.

“Kita telah siapkan berbagai macam obat-obatan, peralatan, dan perawatan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk,” jelas Ziad.

Ziad juga menyampaikan bahwa untuk Kloter 1, kemungkinan ada satu jemaah yang akan dirujuk ke RSUZA. Jemaah yang memiliki suhu badan diatas 37 derajat Celcius akan dirujuk ke laboratorium kesehatan masyarakat untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Mengenai pembagian air zamzam, Azhari menyampaikan bahwa paket air zamzam yang telah tiba terlebih dahulu telah didistribusikan ke kabupaten/kota di Aceh. Masing-masing jemaah akan mendapatkan 5 liter air zamzam.

Kepala UPT Ali Amran juga menyampaikan bahwa pembangunan asrama haji yang belum selesai akan dilanjutkan. Di masa depan, juga akan dibangun tower asrama haji.[]